Round-Up

Kontroversi Anji Hadirkan Pria yang Klaim Punya 'Obat Corona'

Hanif Hawari - detikHot
Senin, 03 Agu 2020 05:31 WIB
Anji
Foto: Anji (Dyah P Saraswati/detikcom)
Jakarta -

Seorang pria mengaku sebagai profesor bernama Hadi Pranoto. Ia mengklaim telah menemukan antibodi COVID-19 dan menyembuhkan ribuan orang.

Hal itu diketahui dari Channel YouTube Dunia Manji. Pada kesempatan itu, Hadi Pranoto diwawancarai oleh musisi Erdian Aji Prihartanto atau Anji di Pulau Tegal Mas, Lampung.

Saat diwawancarai oleh Anji, Hadi Pranoto mengenalkan diri sebagai pakar mikrobiologi sekaligus Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

"Antibodi ini bisa menyembuhkan dan juga bisa mencegah. Berbeda dengan vaksin. Kalau vaksin itu kan disuntikkan dan kalau ini diminum," ujar Hadi Pranoto dalam video tersebut.

Antibodi tersebut terbuat dari bahan herbal. Ada beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalamnya yang diklaim bisa menyembuhkan pasien yang terinfeksi COVID-19. Semua bahannya bakunya pun berasal dari Indonesia.

"Ini berupa cairan. Dan di dalam cairan itu mengandung beberapa kandungan yang bisa membunuh COVID-19," lanjut Hadi Pranoto.

Hadi Pranoto mengatakan, sudah 20 tahun meneliti virus yang tergolong dalam keluarga virus Corona itu. Namun pada awal COVID-19 muncul di Wuhan, Cina, antibodi itu langsung diproduksi.

"Antibodi COVID-19 ini kita buat bertujuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang saat ini terifeksi COVID-19, itu yang pertama. Karena emergency kemanusiaan, kita lakukan kegiatan ini supaya saudara-saudara kita bisa terhindar dari COVID-19. Itu tujuan utama," ungkap Hadi Pranoto.

Via Vallen mengaku adiknya sembuh berkat obat Corona temuan Profesor Hadi Pranoto. Namun tiba-tiba saja ucapannya tersebut diklarifikasi oleh Via Vallen.

Awalnya, ucapan Via Vallen itu dilontarkannya di kolom komentar Instagram Anji. Ia menyebut, adiknya yang positif COVID-19 telah sembuh berkat obat herbal yang ditemukan oleh Hadi Pranoto.

"Aku udah nyobain buat adekku yang kena covid Mas @duniamanji, dan alhamdulillah ramuan herbal ini membantu adekku bersih dari Covid," tulis Via Vallen, di kolom komentar Instagram Anji.

Setelah beberapa jam berkomentar, tiba- saja ia mengklarifikasi klaimnya tersebut. Via Vallen mengaku salah orang. Obat yang dikonsumsi oleh adiknya ternyata bukan dari Profesor Hadi Pranoto.

"Mohon maaf temen2 semuanya,ramuan yg sy gunakan utk menyembuhkan adek sy adalah ramuan dari DOKTOR SURADI bukan dari Prof.Hadi seperti yg ada di postingan ini.Saya kira Prof.HADI yg ada di postingan ini adlh DOKTOR SURADI ,tp ternyata beda .Sekali lg mohon maaf atas kelalaian dan kesalahan komentar saya buat temen2 semua," tulis Via Vallen dengan tangan terkatup.



Simak Video "Pengacara Sebut Hadi Pranoto Tak Bisa Dipidana, Apa Tanggapan Polisi?"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/dar)