Hagia Sophia Buka Salat Jumat, Umi Pipik Merinding

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Minggu, 26 Jul 2020 07:10 WIB
Ummi Pipik
Hagia Sophia dibuka, Umi Pipik berkomentar. Foto: Dyah Paramita Saraswati/detikHOT
Jakarta -

Kabar kali ini datang dari Hagia Sophia yang kembali difungsikan sebagai masjid. Bukan hanya itu, Hagia Sophia juga sudah menggelar salat jumat perdana setelah 86 tahun.

Melihat banyaknya jamaah yang datang ke Hagia Sophia untuk salat jumat berjamaah, Pipik Dian Irawati atau yang akrab disapa dengan panggilan Umi Pipik begitu merinding.

Hal ini disampaikan Umi Pipik dalam Instagram miliknya. Bukan hanya itu, Umi Pipik juga berterima kasih karena Hagia Sophia sudah kembali dibuka dan difungsikan sebagai masjid.

"MR @rterdogan ... semoga Allah senantiasa melindungimu dan memberikanmu kesehatan, panjang umur , keberkahan serta keselamatan , saya cuma mau ngucapin jazaakallah khairan katsiran , jumat ini sudah bikin saya dan jutaan umat muslim di dunia senang , khususnya warga muslim turki," buka Umi Pipik dalam Instagram miliknya.

"Merinding melihat pemandangan yg indah bisa melihat ribuan warga muslim turki mendatangi masjid hagia shopia utk sholat jumat pertama kali , setelah berpuluh2 tahun hagia shopia itu mjd gereja dan museum dan jumat kemaren jutaan umat islam memjadi saksi atas pemandangan dan suara takbir yg mengelegar disana....," sambung Umi Pipik lagi.

[Gambas:Instagram]



Tak hanya itu, Umi Pipik pun mengaku bangga pernah berdiri di Hagia Sophia.

"dan saya bangga pernah berdiri disana walaupun saat itu masih mjd museum ,. semoga pandemi berakhir dan saya bisa mengunjungi hagia shopia dan bisa sujud berdoa disana bravo MR @rterdogan," tutup Umi Pipik.

Sebelumnya, ada juga beberapa seleb Indonesia yang mengucapkan rasa terima kasihnya atas dibukanya kembali Hagia Sophia. Seleb Indonesia yang mengunggah kenangan saat berada di Hagia Sophia itu di antaranya Arie Untung dan Teuku Wisnu.

"Jumat mubarak. Hari ini bersejarah bagi. Saudara2 kita di Turky bisa melaksanakan Sholat Jumat kembali setelah 86 tahun di Aya Sofia Camii, bukan tempatnya yg spesial, karena nubuah Rasulullah lah yg membuat tempat ini menjadi perhatian. Tanpanya mungkin hanya bangunan tua yg ngga terlalu diinginkan. Ikut senang dengan saudara2 kita yg mulai menyemut di sekitar lokasi. Kalo aku?
lagi di deketin sama semuut. Abis eyke maniiis siiih," tulis Arie Untung.

"Bismillah Kenangan ketika di Turki," ucap Teuku Wisnu.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/wes)