Hagia Sophia Buka Salat Jumat, Para Artis Posting Kenangan

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 24 Jul 2020 19:58 WIB
Salat Jumat pertama diselenggarakan di Hagia Sophia hari ini. Jemaah pun memadati halaman masjid jelang pelaksanaa Salat Jumat.
Hagia Sophia gelar salat jumat Foto: AP Photo
Jakarta -

Hagia Sophia kini difungsikan kembali sebagai masjid, dan menggelar salat jumat perdana setelah 86 tahun. Beberapa artis pun turut mengungkapkan rasa syukur.

Arie Untung posting kenangannya saat berkunjung ke Hagia Sophia. Arie Untung memperlihatkan foto dengan latar Hagia Sopia sambil menggandeng tangan Fenita Arie.

"Jumat mubarak, Hari ini bersejarah bagi Saudara2 kita di Turky bisa melaksanakan Sholat Jumat kembali setelah 86 tahun di Aya Sofia Camii, bukan tempatnya yg spesial, karena nubuah Rasulullah lah yg membuat tempat ini menjadi perhatian Tanpanya mungkin hanya bangunan tua yg ngga terlalu diinginkan Ikut senang dengan saudara2 kita yg mulai menyemut di sekitar lokasi," ungkap Arie Untung dilihat, Jumat (24/7/2020).

[Gambas:Instagram]




Arie Untung juga memperlihatkan foto para pemuda Indonesia yang mendapatkan kesempatan bisa merasakan salat Jumat di Hagia Sophia.

"Salam dari jumatan #ayasofyacamii turky, temen2 @kajianmusawarah @tobaters @daimudaindonesia @imamuda.id semuanya happyyyy," tulis Arie Untung.

[Gambas:Instagram]




Teuku Wisnu pun tak ketinggalan. Suami Shireen Sungkar itu juga posting kenangan saat berkunjung ke Hagia Sophia.

"Bismillah Kenangan ketika di Turki," tulis Teuku Wisnu. Teuku Wisnu juga memperlihatkan foto para pemuda yang ikut salat Jumat perdana di Hagia Sophia.

[Gambas:Instagram]




Sebelumnya Ummi Pipik juga mengungkapkan rasa bahagianya ketika mendengar Presiden Erdogan memfungsikan kembali Hagia Sophia sebagai masjid.

Ummi Pipik menceritakan obrolan iseng-iseng bersama teman-temannya saat berkunjung ke Hagia Sophia seperti menjadi kenyataan.

"Sewaktu saya disana duduk dihalaman sambil memandangi dan ngobrol dgn teman2 disana " coba difungsikan jd masjid lagi ya jd semakin merdu dan indah dengerin suara adzan ditengah2 halaman ada dua mesjid yaitu hagia sophia dan blue mosque," cerita Ummi Pipik.

[Gambas:Instagram]




"Kita semua tau bahwa hagia sophia sebelumnya adalah gereja , lalu khilafah turki utsmani merubah mjd mesjid tanpa merubah dekorasinya , kemudian atas kekuasaan rezim sekuler menjadi museum ,dan saat saya kesana bulan februari kemaren msh mjd museum ,ada ornament2 bunda maria dsb nya , dan Alhamdulillah atas kehendak Allah ta'ala hagia sophia sekarang difungsikan memjadi mesjid kembali oleh pemerintahan presiden erdogan....," sambungnya.

Ummi Pipik pun berdoa agar pandemi Corona lekas selesai. Ummi Pipik berharap bisa kembali ke Turki dan berkunjung ke Hagia Sophia.



Simak Video "Pelataran Hagia Sophia Dipenuhi Jemaah Jelang Salat Jumat Perdana"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)