Jessica Iskandar Sakit Takikardia, Jantungnya Berdebar

Tim detikhot - detikHot
Kamis, 23 Jul 2020 10:36 WIB
Jessica Iskandar saat ditemui di studio Trans TV.
Jessica Iskandar sakit takikardia Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Jessica Iskandar mengaku sudah mengidap penyakit itu selama lima bulan. Ia pun langsung berkonsultasi ke dokter hingga akhirnya dilakukan sejumlah penanganan.

"Aku awalnya bingung. Kok jantung aku berdebar. Bangun tidur berdebar, mau makan berdebar, mau mandi berdebar. Akhirnya kemarin ke rumah sakit cek ketemu dua dokter," tutur Jessica Iskandar.

Jessica Iskandar sakit Takikardia awalnya merasa bagian lehernya membengkak. Takikardia disebut dokter muncul dipicu dari tiroid di leher Jessica.

"Jadi kalau kata dokter, tiroid aku kebanyakan memproduksi yodium. Nah, karena aktif produksi yodium, jadi efeknya ke jantung berdetak lebih cepat," ujar Jessica menjelaskan.

Berbagai pengobatan dilakukan Jessica Iskandar, diawali dengan penanganan tiroidnya terlebih dahulu. Ia pun kini mengonsumsi obat secara berkala.

Takikardia adalah denyut jantung yang lebih cepat daripada denyut jantung normal. Jantung orang dewasa yang sehat biasanya berdetak 60 sampai 100 kali per menit ketika sedang beristirahat.

Takikardia yang parah mengganggu fungsi normal jantung, meningkatkan risiko stroke, menyebabkan serangan jantung mendadak atau kematian.

Gejala yang dialami adalah detak jantung terlalu cepat yang menyebabkan kerja jantung tidak efektif memompa darah ke seluruh tubuh. Hal itu mengakibatkan kurangnya asupan oksigen ke organ dan jaringan.

Penyebab utama Takikardia karena gangguan impuls listrik yang mengontrol irama kerja jantung. Biasanya disebabkan oleh kerusakan jaringan jantung akibat penyakit jantung, penyakit atau kelainan jantung bawaan, tekanan darah tinggi, merokok, terlalu banyak minum alkohol minuman berkafein terlalu banyak, penyalahgunaan narkoba, seperti kokain hingga tiroid terlalu aktif (hipertiroidisme).

Jessica Iskandar tak menampik dirinya khawatir dengan penyakit tersebut. Namun ia berusaha sembuh demi sang buah hati.

"Aku mesti fight, karena ada El. Makanya sekarang aku positive thinking aja, dan yakin kalau aku punya Tuhan yang lebih besar. Semoga sakitnya aku ini nggak lama," ujar Jessica.



Simak Video "Jawaban Bijak Jedar soal Batal Nikah dengan Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/mau)