Kisah Sule: Pernah Tidur di Trotoar, Kini Jadi Pelawak Tajir Melintir

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 27 Jun 2020 10:50 WIB
sule
Kisah hidup Sule pernah tidur di trotoar tapi kini jadi pelawak tajir. (Foto: Instagram @ferdinan_sule)
Jakarta -

Nasib manusia memang tidak ada yang tahu besok akan seperti apa. Kadang di atas, kadang di bawah. Begitu juga yang menggambarkan kehidupan komedian Sule. Pemilik nama lengkap Sutisna ini menjadi komedian yang diperhitungkan dalam dunia hiburan Tanah Air.

Menilik kisah hidupnya, Sule memang mengatakan punya cerita menyedihkan. Lahir dari keluarga yang sederhana, Sule benar-benar hidup prihatin kala itu. Ayahnya yang berjualan bakso keliling hanya mendapatkan penghasilan yang cukup untuk makan.

Tak hanya itu, Sule pun pernah merasakan kerasnya hidup. Salah satu yang masih diingatnya sampai saat ini adalah tidur di trotoar. Tak satu atau dua hari. Tapi ayah empat anak itu pernah tidur di trotoar selama satu tahun. Hal itu diceritakan pria kelahiran Cimahi, 15 November 1976 itu dalam Channel YouTube milik Raffi Ahmad.

"Dulu sempat tidur di trotoar selama satu tahun itu. Sekitar tahun 93 atau 94 deh itu, pas waktu itu zaman SMP kalau nggak salah saya tidur di trotoar," beber Sule dalam kesempatan itu.


Raffi Ahmad yang mendengar pengakuan Sule sempat tak percaya. Sebab, kini Sule digadang-gadang sebagai pelawak dengan bayaran termahal. Honornya untuk sekali tampil pun disebut fantastis.

Tak hanya itu, pendapatannya dulu juga tak semulus saat ini. Sule juga sempat merasakan beberapa pekerjaan dengan berjualan. Mulai dari jualan jagung rebus hingga jualan ayam dilakoninya. Ia pun senang menjalankankan itu. Baginya yang penting bisa makan dan bisa tetap menjalani hidup dengan cara yang halal.

Meraih kesuksesannya di Jakarta sekarang bukan satu hal yang mudah baginya. Datang ke Jakarta dengan memiliki keyakinan yang tinggi, Sule dan teman-temannya membawa proposal untuk bisa tampil sebagai pelawak di televisi. Tanpa disadari, Sule memiliki bakat untuk menghibur orang-orang. Bakat melawaknya didapatkannya dari sang ayah.

Tapi datang ke Jakarta dan memberikan proposal untuk bisa tampil di televisi juga tak langsung diterima. Selama itu, Sule juga harus ngamen untuk makan sehari-hari dengan dua orang temannya, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudi. Membentuk grup yang diberi nama SOS, Sule dan kedua orang temannya akhirnya berhasil mengikuti audisi pelawak dan siapa sangka Sule serta grupnya itu keluar sebagai juara.


Mulai dari situ, kariernya perlahan tapi pasti mulai menanjak. Penampilannya yang menarik banyak orang dengan warna rambut pirang di tengah juga menjadi ciri khasnya.

Sule akhirnya bergabung dengan Parto dan Andre Taulany di OVJ. Di sana Sule digadang-gadang bisa meraup pendapatan Rp 100 juta sebulan. Saat itu juga, Sule memiliki acara sendiri di salah satu stasiun televisi swasta. Penghasilannya juga semakin menjadi, Sule bahkan pernah dikabarkan menerima pendapatan Rp 1 miliar.

Belum lagi Channel YouTube yang mulai dibangunnya secara perlahan. Di masa pandemi Corona, Sule lebih mengembangkan Channel YouTube miliknya. Dengan sering membuat beberapa video di rumah maupun kolaborasi dengan teman-temannya. Yang paling moncer, Sule berkolaborasi dengan Andre dan selalu menjadi trending nomor satu di YouTube.


Santuy Malam

Sule kini tengah dalam proyek untuk acara terbaru. Program itu bernama Santuy Malam yang bakal tayang di Trans TV.

Tidak sendiri, Sule akan kembali mengocok perut semua penonton setia dengan Andre Taulany dan juga Nunung. Jika tak ada aral-melintang, acara itu akan tayang mulai Senin, 29 Juni 2020.

Acara yang akan disiarkan pukul 19.00 WIB ini akan tayang dengan konsep yang sudah cukup melekat di hati masyarakat.



Simak Video "Jawaban Rizky Febian Soal Rencana Lamaran Sule"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/nu2)