Round Up

Buntut Panjang Komedi Bintang Emon

Tim detikhot - detikHot
Rabu, 17 Jun 2020 05:29 WIB
Bintang Emon
Bintang Emon viral Foto: Dok. Instagram/bintangemon
Jakarta -

Bintang Emon bikin heboh setelah mengunggah video kritik atas kasus Novel Baswedan. Ada buntut panjang setelah komika itu viral.

Salah satunya adalah, Bintang Emon jadi sasaran hoax pakai narkoba. Ada tiga akun yang disebut pertama kali membuat meme itu.

Ismail Fahmi, pakar media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, mengungkapkan ada tiga akun yang pertama kali mengunggah tuduhan itu.


Akun tersebut adalah @LintangHanita, @tiara61636212, dan @LiarAngsa yang memiliki pengikut terbanyak hanya 9 orang. Sayangnya, ketiga akun tersebut kini sudah tidak aktif sehingga tidak bisa dilakukan penelusuran histori dan afiliasinya.

Meski hanya berasal dari tiga akun, tapi tuduhan penggunaan narkoba yang dialamatkan ke Bintang Emon pun meluas. Sejak itu, sang komika mendapatkan pembelaan dari banyak orang.

Pembelaan itu membuat tuduhan tersebut menjadi viral. Bahkan isunya begitu besar melebihi pembahasan utamanya, yaitu Novel Baswedan.

"Dari trend di atas, tampaknya netizen bergeser perhatiannya, dari membahas isu esensial (Novel Baswedan) menuju isu penyerta," kata Ismail.

Bintang Emon juga langsung membuat klarifikasi dengan memamerkan surat keterangan negatif narkoba lewat Instagram. Meski seorang netter yang bernama Charlie Wijaya melaporkan Bintang Emon ke Kominfo. Hal itu disampaikan di Instagram milik Charlie Wijaya.

"Saya telah melaporkan saudara BE kepada dirjen aplikasi informatika kementrian komunikasi dan informatika RI @kominfori dengan nomor tiket 58200613," papar Charlie Wijaya dalam Instagram miliknya.

Tapi unggahan itu kini sudah dihapus oleh Charlie. Charlie Wijaya ramai disebut sebagai kader PSI. Dalam Instagram miliknya, Charlie sendiri mengatakan melaporkan Bintang Emon dengan tidak membawa-bawa partainya.

"Setelah Saya melaporkan Saudara B E, Saya diserang oleh para pendukung nya Saudara B E," ungkapnya dalam Instagram miliknya.

Dalam unggahan Instagram Storiesnya terlihat, ia meminta maaf jika banyak pihak yang merasa tersakiti.

"Dengan berbagai pertimbangan, saya dengan legowo jika ada yang merasa kata-kata saya kasar atau dan lain sebagainya atau menyakiti saya memohon maaf yang sebesar-besarnya," ucap Charlie.


"Dengan legowo, dengan ini saya menyatakan permintaan maaf kepada saudara Bintang Emon," urainya lagi.

Saat melayangkan laporan itu, Charlie Wijaya juga disebut pansos oleh banyak netter.

"Tapi saya di sini tidak ada ingin pansos atau lain sebagainya seperti yang dituduhkan kepada saya," tandasnya.


[Gambas:Instagram]






Simak Video "Bintang Emon Jawab soal Dirinya Pernah Pakai Narkoba atau Tidak"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)