Kronologi Bintang Emon Kritik Kasus Novel hingga Tuduhan Pakai Narkoba

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 16 Jun 2020 13:30 WIB
Komika Bintang Emon
Foto: Bintang Emon/ Instagram
Jakarta -

Penyerangan yang dialami Bintang Emon dinilai tidak lepas dari kritiknya terhadap tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK, Novel Baswedan.

Diketahui, dua terdakwa penyiraman Novel, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis, dituntut 1 tahun oleh JPU di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Mereka dinilai tidak senagaja melukai mata Novel.

Tuntutan tersebut mendapat perhatian banyak orang. Hingga Bintang Emon ikut bersuara dengan video berisi opininya yang jenaka.

Video itu viral. Sejumlah orang mengunggah ulang video tersebut, termasuk juga para rekan sesama komika hingga tokoh terkenal lainnya.

Kemudian, Bintang Emon mendapat tuduhan dirinya mengkonsumsi narkoba. Beberapa meme tersebar di dunia maya.

3 Akun Tuding Bintang Emon Pakai Narkoba

Ismail Fahmi, pakar media sosial dari Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, mengungkapkan ada tiga akun yang pertama kali mengunggah tuduhan itu.

Akun tersebut adalah @LintangHanita, @tiara61636212, dan @LiarAngsa yang memiliki pengikut terbanyak hanya 9 orang. Sayangnya, ketiga akun tersebut kini sudah tidak aktif sehingga tidak bisa dilakukan penelusuran histori dan afiliasinya.

Meski begitu, Ismail menunjukkan tiga kicauan lain dari @LintangHanita dan @tiara61636212 pada jam yang sama dengan kicauan yang ditujukan untuk Bintang Emon. Kedua akun itu ikut menyerang Novel Baswedan.



Di dalam kicauan itu, kedua akun menyalahkan Novel soal kasus pencurian sarang burung walet saat dirinya masih menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu. Padahal Novel terbukti tidak terlibat dalam kasus penganiayaan tersangka pencurian sarang burung walet tersebut.

Kedua akun itu juga membela dua terdakwa yang merupakan anggota Polri aktif tersebut.

Meski hanya berasal dari tiga akun, tapi tuduhan penggunaan narkoba yang dialamatkan ke Bintang Emon pun meluas. Sejak itu, sang komika mendapatkan pembelaan dari banyak orang.

Bintang Emon Viral

Pembelaan itu membuat tuduhan tersebut menjadi viral. Bahkan isunya begitu besar melebihi pembahasan utamanya, yaitu Novel Baswedan.

"Dari trend di atas, tampaknya netizen bergeser perhatiannya, dari membahas isu esensial (Novel Baswedan) menuju isu penyerta," kata Ismail.

Selanjutnya, Bintang Emon seakan memagari dirinya dengan sebuah unggahan. Ia memamerkan surat keterangan negatif narkoba lewat Instagram.

Langkah itu juga mendapat apresiasi dari banyak orang. Bintang Emon hingga kini masih menjadi trending di media sosial.

Dilaporkan ke Kominfo

Buntut dari video viral yang diunggahnya, seorang netter yang bernama Charlie Wijaya melaporkan Bintang Emon ke Kominfo. Hal itu disampaikan di Instagram milik Charlie Wijaya.

"Saya telah melaporkan saudara BE kepada dirjen aplikasi informatika kementrian komunikasi dan informatika RI @kominfori dengan nomor tiket 58200613," papar Charlie Wijaya dalam Instagram miliknya.

Tapi unggahan itu kini sudah dihapus oleh Charlie. Meski begitu unggahan tersebut sudah banyak dicapture beberapa netter.

Charlie Wijaya ramai disebut sebagai kader PSI. Dalam Instagram miliknya, Charlie sendiri mengatakan melaporkan Bintang Emon dengan tidak membawa-bawa partainya.



Simak Video "Dituding Pemakai, Hasil Tes Narkoba Bintang Emon Negatif"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/doc)