Mengenang Wawancara Terakhir dengan Henky Solaiman

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 15 Mei 2020 19:23 WIB
Aktor
Foto: dok. Instagram Henky Solaiman
Jakarta -

Henky Solaiman, aktor senior yang selalu terlihat semangat, kini telah tiada. Henky meninggal hari ini, pukul 16.40 WIB di kediamannya.

Pada 22 Januari 2020 detikcom berkesempatan ngobrol langsung dengan Henky Solaiman. Saat itu, Om Henky, begitu dia akrab disapa baru saja memutuskan istirahat dari dunia sinetron.

Aktor berusia 78 tahun itu memutuskan istirahat karena mengidap kanker kolon (usus besar) sejak Agustus 2019. Saat itu Henky Solaiman menyapa detikcom setelah selesai melakukan terapi magnet.

"Kalau bisa cepat sehat lalu mau masih ada yang mau pakai (saya main sinetron) ya tetap saya ambil, misalnya. Tapi, ini kan sakitnya ini kanker kolon (usus besar). Nah itu nggak cepat, kalau saya izin ke 'Dunia Terbalik' yang tadinya saya syuting setiap hari kayaknya dengan terapi (yang saya lakukan) dua kali sehari nggak sanggup saya," cerita Henky Solaiman saat itu.


Meski mundur sementara dari dunia akting yang membesarkan namanya, Henky Solaiman tak mau disebut kalah dengan penyakit. Dia menganggap memang sudah saatnya harus beristirahat.

"Ya mau bilang kalah sama penyakit, bukan kalah ya. Nggak sampai putus asa. Sudah aja saya memang harus istirahat, barangkali Tuhan mau saya istirahat dulu, saya harus istirahat," ungkapnya santai.

"Sementara nggak (ambil job) sampai saya nanti bulan depan mungkin mau ct scan dulu. Kalau memang terjadi sudah pengurangan, kankernya susah hilang, mingkin setelah itu bisa saja saya terima job lagi," sambung Henky Solaiman yang tetap semangat berakting.


Meski berat istirahat dari dunia akting, Henky Solaiman lebih memikirkan rekan sepekerjaannya. Dia tak mau produksi sinetron yang dia bintangi harus terbengkalai hanya karena menunggu dirinya terapi dan sampai ke lokasi syuting.

"Mau dibilang berat ya berat, tapi nggak berat juga karena ini untuk kesehatan juga. Jadi ya daripada nanti nggak sembuh-sembuh lebih berat lagi, belum ada komplikasi, komplikasi kemana-mana," tutur Henky.

"Cuma buat apa sih kejar harta terus sementara makan cukup," tukasnya sambil tertawa.

Kini, aktor yang sudah berkecimpung di dunia film sejak tahun 1980 itu telah tiada. Selamat jalan Henky Solaiman....



Simak Video "Usai Kremasi, Abu Henky Solaiman Tak Langsung Dilarung ke Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/mau)