detikHot

celeb

Iwa K Ungkap Hikmah Saat Dirinya Terpuruk karena Narkoba

Senin, 11 Mei 2020 15:20 WIB Inkana Putri - detikHot
Iwa K Foto: Mola TV
Jakarta -

Iwa Kusuma atau yang lebih akrab dipanggil Iwa K, merupakan salah satu penyanyi rap serta pelopor musik ternama di Indonesia. Di balik kariernya yang gemilang, siapa sangka Iwa K juga memiliki masa lalu yang gelap. Pernah terlibat kasus narkoba, ternyata tidak membuat Iwa K putus asa begitu saja. Justru hal inilah yang membuatnya bangkit seperti sekarang.

"Mulai 1997 itu selama setahun gue keliling Indonesia, gue cuma pengen ngerasain hidup tanpa drugs. Gue nggak pernah memaki masa lalu gue karena segelap apapun masa lalu gue, itu yang membawa gue ke hari ini," ungkapnya.

Iwa K juga bercerita tentang cara dirinya bisa keluar dan bebas dari narkoba. Ia mengaku semenjak dirinya menjalani rehabilitasi, ia mulai bisa berjuang untuk terlepas dari narkoba.

"Gue dapet rejeki ketika akhirnya gue bisa nge-twist mindset gue, adalah ketika gue kemarin di rehabilitasi. Akhirnya gue coba nulis jurnal setiap hari, fight for it. Karena kebiasan gue tiap nulis, gue harus ganja," jelasnya.

Di masa terpuruknya, Iwa K juga bercerita tentang dirinya pernah marah dan menantang Tuhan. Namun, akhirnya Iwa menyadari bahwa yang perlu ia lakukan hanya menjalani dan menikmati hidupnya.

"Ada satu titik dimana akhirnya gue marah-marah. Gue puter-puter di tol Jakarta sambil teriak mana tunjukin kasih dan sayang lo, bahkan gue tantang tunjukin tindakan lo kalau lo ada. Tau-tau gue ngeliat bapak-bapak lagi narik gerobak, pagi-pagi udah kerja ngasih nafkah sedangkan gue masih marah-marah aja. Ketika gue ngeliat itu gue ngeliat pemandangan yang oke Wa, jalanin aja nggak usah banyak tanya, nikmatin," jelasnya

Bahkan, hingga saat ini, menurutnya yang terpenting saat ini adalah cara agar dirinya bisa memanusiakan manusia lewat segala tindakannya. Itulah mengapa sebisa mungkin ia harus mengeluarkan hal-hal yang positif.

"Kita menyadari diri kita manusia, kalau kita udah menyadari diri kita manusia tinggal gimana kita memanusiakan manusia di diri kita. Gue percaya apapun itu (low point) harus mengeluarkan output yang positif, karena itu yang lo share, yang lo bagi ke semesta," pungkasnya.

Obrolan Iwa K tentang masa lalu dan pelajaran dalam hidupnya tersaji dalam acara Dinner With Sophia yang tayang di Mola TV. Program ini bisa disaksikan dalam paket langganan Corona Care Mola TV yang dapat diakses dengan cara berdonasi mulai dari Rp 0 hingga Rp 5 juta.

Melalui program Corona Care, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia. Nantinya setiap sumbangan tersebut akan digandakan Mola TV dan disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan wabah virus Corona.




Simak Video "Ayu Vaganza Diciduk karena Narkoba Bersama Teman Pria di Kontrakan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com