detikHot

celeb

Selain Musik, Robi Navicula Mau Buat Film Dokumenter Pulau Plastik

Senin, 04 Mei 2020 13:41 WIB Reyhan Diandri - detikHot
Robi Navicula Foto: Mola TV
Jakarta -

Nama Gede Robi Supriyanto mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang yang menyukai genre musik beraliran grunge. Vokalis dari band Navicula asal Bali ini, ternyata mempunyai hobi unik selain musik yaitu membuat film dokumenter mengenai lingkungan.

Robi mengungkapkan bahwa dirinya sedang ingin memulai pembuatan film dokumenter mengenai isu mikroplastik di lautan. Hal itu ia sampaikan dalam obrolannya bersama Butet Kartaredjasa di acara Blusukan Butet Kartaredjasa.

"Film! mulai-mulai bikin film dokumenter. Tentang isu mikroplastik di lautan, judulnya 'Pulau Plastik'," ungkap Robi.

Menurut Robi, baru-baru ini Bali menjadi provinsi pertama di Indonesia yang telah menerapkan regulasi untuk pengurangan plastik. Banyak produk dari plastik sekali pakai yang sudah dihilangkan.

"Kemarin kan Bali menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengeluarkan regulasi pengurangan plastik sekali pakai. Jadi sudah tolak tas kresek, sedotan plastik, dan kemasan styrofoam," jelasnya.

Robi juga mengungkapkan bahwa dengan pembuatan film dokumenter ini ia ingin melihat bagaimana respons masyarakat terhadap regulasi tersebut.

"Sekarang kita sebagai warga sipil yang dari dulu 10 tahun yang lalu mengampanyekan pengurangan plastik sekali pakai, bagaimana respon kita setelah ada regulasi," kata Robi.

Robi pun percaya dengan tanggapan pemerintah yang mau membuat regulasi dan duduk bersama masyarakat, perubahan bisa terjadi. Namun perlu adanya sinergi yang baik dari masyarakat itu sendiri, serta pihak korporat atau pengusaha.

"Dari saya pribadi dan tim percaya perubahan itu hanya terjadi apabila pemerintah, masyarakat, dan korporat semuanya duduk dan cari solusi bareng," ujar Robi.

Maka dari itu ia ingin mengambil peranan melalui film dokumenter yang ia buat, untuk mengedukasi masyarakat mengenai sampah plastik.

"Jadinya saya sebagai masyarakat ingin mengambil peran untuk edukasi lewat kampus atau lewat festival," ungkapnya.

Penasaran dengan keseluruhan cerita dari Robi Navicula ini? Cerita lengkap Robi bisa Anda tonton dalam acara Blusukan Butet Kartaredjasa: Robi Navicula Pemusik Grunge yang Petani.

Semua itu bisa dilihat melalui paket Corona Care Mola TV. Dalam program ini, Mola TV mengajak masyarakat untuk turut peduli melalui Corona Care, sebuah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah melawan wabah virus COVID-19 di Indonesia.

Program ini dapat disaksikan juga dengan memberikan sumbangan yang beragam mulai dari Rp 0 (melalui donasi doa) hingga Rp 5 juta. Nantinya untuk setiap sumbangan yang diterima, akan digandakan oleh Mola TV lalu disalurkan kepada BNPB dan PMI untuk membantu perjuangan melawan Corona.




Simak Video "Jakarta Mulai Wajibkan Kemasan Ramah Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com