detikHot

celeb

Pemerintah Janji Ada Bantuan Tunai ke Pekerja Seni Terdampak Corona

Kamis, 16 Apr 2020 12:33 WIB Tim detikcom - detikHot
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Wishnutama / Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Pemerintah terus mencari solusi untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona, termasuk bagi para pekerja seni. Nantinya, pekerja seni akan mendapatkan bantuan tunai.

Pagi tadi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan rapat terbatas mengenai 'Mitigasi Dampak Covid-19 Terhadap Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif'. Menparekraf, Wishnutama Kusubandio, mengatakan pekerja kreatif juga jadi perhatian Jokowi.

"Khusus untuk pekerja kreatif, yang berkaitan dengan seni, kita bekerja sama juga dengan Kemensos untuk memberikan bansos secara langsung. Ini juga sedang dalam perencanaan agar lebih tepat sasaran," kata Wishnutama dalam jumpa pers secara daring, Kamis (16/4/2020).

Dalam penjelasannya lebih lanjut, Wishnutama mengatakan kartu pra kerja akan difokuskan untuk membantu pekerja sektor pariwisata yang terdampak pandemi Corona. Sementara itu, ada bantuan berbeda yang disiapkan untuk pekerja seni.

Wishnutama mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan berkoordinasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk bantuan bagi pekerja seni. Bantuannya berupa bantuan tunai.

"Kemudian untuk yang berkaitan dengan ekonomi kreatif atau berkaitan dengan seni, di ratas minggu lalu, bapak presiden mengarahkannya ke Kemensos," ujar Wishnutama.

"Jadi sifatnya bantuan tunai yang lebih langsung tapi memang nilai uangnya tetap sama," tegasnya.

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kemensos. Belum ada keterangan rinci soal mekanisme pembagiannya.

"Kami bekerjasama dengan Kemensos. Kami sudah berkoordinasi dengan timnya, dapat melakukan hal itu," tutup Wishnutama.




Simak Video "Pemerintah Beri Rp 11,5 T di 7 BPD untuk Pemulihan Ekonomi Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com