detikHot

celeb

Ditanya Soal Jarak Saf Semeter saat Corona, UAS: Sekarang Salat di Rumah!

Rabu, 08 Apr 2020 18:47 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Ustaz Abdul Somad Foto: Dok. Fanpage Facebook Ustaz Somad
Jakarta -

Ustaz Abdul Somad (UAS) kembali ditanya soal ibadah di tengah wabah Corona. Kali ini ia mendapat pertanyaan terkait jarak saf saat salat.

Diketahui masih ada orang yang masih salat di masjid di saat pandemi Corona. Hal itu kemudian mengundang reaksi Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, agar kalau mau salat berjamaah diimbau berjarak semeter atau dua meter.

Netizen mempertanyakan hukum jarak saf salat ke UAS. Begini jawabannya.

"Sawu sufuf luruskan saf. Makna sawu sufuf satu lurus. Makna sawu sufuf rapat. Kaki rapat dengan kaki. Bahu dengan bahu. Tapi karena tak bisa rapat, karena kata para dokter ini wabah hama Corona ini bisa melekat di kain, dia tidak hanya di tangan, tapi bisa di kain bahkan di kain bisa 9 jam, makanya sajadah-sajadah di masjid digulung itulah yang dipakai sebagian ulama membuat jarak 1 meter," ujarnya dalam video di channel YouTube.


UAS sendiri punya pemikiran lain. Ia sangat tahu bahaya Corona.

Makanya, UAS meminta orang-orang untuk saat ini salat di rumah saja. Hal itu dilakukan demi kebaikan dan menghilangkan wabah dari Tanah Air.

"Tapi saya pribadi, kalau untuk sekarang ini tak tahu lagi kita entah mana yang membawa wabah, entah mana yang tidak. Datang pulang dari luar kota sudah kecampur aduk nih sekarang. Yang saya pakai hadis firrominal majizum firorokal minal asad, larilah engkau dari orang kena penyakit menular, seperti engkau lari dari singa. Kalau sudah dari singa nggak ada semeter, 2 meter. Sekarang nih salat di rumah," katanya.


Warganet lain pun setuju dengan pendapat UAS. Mereka ingin sekali virus Corona lenyap.

"Semoga Allah angkat virus ini dari bumi dan semoga Allah SWT memperjumpakan kita di bulan ramadhan," komen netter.




Simak Video "Doa di Malam Nisfu Sya'ban Menurut UAS"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com