Netizen China Ukur Donasi Artis Terkait Corona, Bintang Mulan Dihujat

Indah Mutiara Kami - detikHot
Senin, 30 Mar 2020 13:37 WIB
HOLLYWOOD, CALIFORNIA - MARCH 09: Yifei Liu attends the premiere of Disneys
Liu Yufei (Foto: Amy Sussman/Getty Images)
Beijing -

Para artis di seluruh dunia ramai-ramai memberikan donasi untuk menangani penyebaran virus Corona. Namun di China, jumlah donasi para artis dibanding-bandingkan dan yang nominalnya sedikit langsung dihujat.

Seperti dilansir South China Morning Post, Senin (30/3/2020), kemurahan hati dan jiwa patriot para artis di China dinilai dari jumlah donasi yang mereka berikan. Seseorang yang mendonasikan lebih dari satu juta Yuan langsung dinobatkan sebagai dermawan yang murah hati.

Salah satu donatur yang dipuji-puji netizen China adalah konglomerat Zhao Benshan yang menyumbangkan 10 juta Yuan ke Wuhan, lokasi awal mula penyebaran virus Corona. Sanjungan juga ditujukan ke Jay Chou dan sang istri yang mendonasikan 3 juta Yuan untuk tenaga medis di Hubei.

Jay Chou / Jay Chou / Foto: dok. Instagram

Di sisi lain, ada juga artis yang memberikan sumbangan dengan jumlah kecil. Pasangan Huang Xiaoming dan Angelababy menyumbangkan 200.000 Yuan dan jumlahnya secara tak sengaja terungkap di Weibo. Reaksi kemarahan langsung bermunculan di media sosial.

"Berapa penghasilanmu setahun?" tulis seorang netizen.

"Apakah kamu memandang rendah korban virus Corona jadinya cuma menyumbang sesedikit itu?" ungkap yang lain. Usai ramai dihujat, pasangan itu akhirnya menambah donasi menjadi 1 juta Yuan.

Daftar yang menunjukkan jumlah donasi para artis China juga heboh di media sosial karena ada artis yang hanya menyumbangkan ratusan ribu Yuan. Salah satu artis yang dikecam adalah Liu Yifei, sosok yang membintangi film Disney 'Mulan'. Dia dikritik tak tahu terima kasih karena donasinya kecil padahal berasal dari Wuhan.

Patriotisme tak hanya diukur dari jumlah donasi para artis China, tapi apakah mereka berada di negara tirai bambu itu ketika isolasi. Artis yang berada di luar negeri dianggap 'melarikan diri' dan langsung dihujat.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/nu2)