Idap Autoimun seperti Andrea Dian, Indadari Berbagi Cara Hindari Penyakit

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 22 Mar 2020 17:08 WIB
Indadari
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Indadari juga sempat didiagnosis suspect Corona. Setelah dites, ternyata hasilnya negatif dan kondisi itu dipicu karena reaksi autoimun yang diidapnya.

Sempat takut, Indadari kini merasa lega. Tak seperti Indadari, Andrea Dian yang juga idap autoimun awalnya didiagnosis demam berdarah. Setelah pulih dan melakukan tes, ternyata Andrea Dian positif idap COVID-19 atau Corona.



Indadari pun sempat memberikan tips untuk mereka yang juga idap autoimun. Sebab dengan kondisi autoimun, itu sangat rentan terinfeksi virus Corona.

"Pertama, berdoa sama Allah minta kesehatan. Kedua, jaga kesehatan dan jaga makanan. Jaga kondisi tubuh ketika perubahan cuaca. Jangan makan, makanan yang menjadi pemicu sakitnya. Harus dikenali," ucap Indadari kepada detikcom.



Dia juga mengingatkan betapa pentingnya menjaga pikiran agar tidak stres. Bahagia adalah obat terbaik untuk pengidap autoimun.

"Ketiga, jangan stres dan jangan sedih, karena bahagia adalah obat terbaik autoimun. Dan cara cepat bahagia adalah dengan cara mudah bersyukur apapun keadaannya," tuturnya.

"Anggap autoimunnya adalah anugerah dari Allah. Sehingga bisa dikasih kesempatan digugurkan dosanya setiap hari, sepanjang hidup. Tetap semangat jalani hidup," ungkap Indadari.



Simak Video "Cerita Cantika Abigail Suntik Obat Autoimun Sendiri saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)