detikHot

celeb

Pesan Habib Usman soal Wabah Virus Corona: Jangan Tinggalkan Wudhu

Rabu, 18 Mar 2020 17:27 WIB Desi Puspasari - detikHot
Kartika Putri dan Habib Usman Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya Foto: Instagram @kartikaputriworld
Jakarta -

Habib Usman Bin Yahya setuju dengan fatwa MUI tentang salat di rumah terkait wabah virus Corona. Menurut suami Kartika Putri itu, Corona sudah jadi kekhawatiran bersama.

Menurut Habib Usman, anjuran untuk menjalankan ibadah di rumah tertulis dalam hadis. Itu dikarenakan adanya rasa takut atas jiwa, harta, dan keluarga.


"Mengikuti hadisnya Nabi Besar Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam Sebagaimana ulama telah bersepakat, bahwa jika ada rasa takut atas jiwa, harta, atau keluarga, maka dibolehkan tidak melaksanakan salat jumat dan salat jamaah di masjid," ucapnya lewat pesan singkat.

Suami Kartika Putri itu mengimbau agar tidak meninggalkan wudhu. Terlebih bagi daerah yang sudah terkena virus Corona.


"Jangan tinggalkan wudhu dan selalu perbaharui wudhunya ketika batal dan yang di daerahnya sudah terdeteksi atau terkena Virus COVID-19 dan penularannya sangat tinggi, maka salat dan beribadahlah di rumah dan di masjid tetap mengumandangkan adzan seperti biasa," katanya.

"Suma Hayya 'Alash Shalah diganti dengan Shalluu fi Buyuutikum. Dan apabila di daerahnya belom terkena virus ini dan masih aman, maka salat jumatlah dan ibadahlah seperti biasa dan jangan lupa sertakan Qunut Nazilah di dalam salatnya dan doakan kami semua seluruh rakyat Indonesia, biar terbebas dari wabah dan penyakit COVID-19 yang berbahaya ini. Aamiin, Aamiin Ya Robbal Alaminn."




Simak Video "Persiapan Kartika Putri Bawa Bayi Umrah Tanpa Pengasuh"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com