detikHot

celeb

Jadi Relawan di Suriah, Ini Kesaksian Mengerikan Fauzi Baadila

Jumat, 17 Jan 2020 19:00 WIB Angga Laraspati - detikHot
Foto: Fauzi Baadila (Vey/detikhot)
Jakarta - Aktor Fauzi Baadila menjadi salah satu relawan dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Ia pun kini tengah berada di Suriah untuk memberikan bantuan kepada pengungsi sejak 6 Januari lalu. Berbagai cerita pun dibagikan oleh dirinya selama berada di area konflik tersebut.

Lewat telekonferensi, Fauzi mengatakan dirinya mengalami beberapa pengalaman yang sangat menakutkan selama berada di sana. Belum lagi keadaan Suriah yang sedang mengalami musim dingin.

"Saya waktu itu sedang memberikan bantuan di Idlib, lalu ada orang yang memegang kepala saya dan mengarahkan pandangan saya ke arah atas. Di atas ternyata ada pesawat tempur yang menjatuhkan 4 rudal sekaligus dan itu tepat berada di depan mata saya," ucap Fauzi dalam telekonferensi langsung dari perbatasan Suriah dan Turki, Jumat (17/1/2020).


Fauzi juga sempat merasakan bermalam bersama para pengungsi dari Suriah di sebuah tenda yang hanya terbuat dari terpal dan memiliki dinding yang tipis. Selain suhu yang dingin suara tembakan dari senjata api kerap terdengar.

"Itu yang namanya tenda tipis sekali, jadi pernah saya mau tidur tiba-tiba ada suara 'dem dem dem duar' itu saya langsung duduk dan berdoa, karena takut nyasar kan," ujarnya.

Tapi di balik itu semua, ia merasakan kesedihan yang luar biasa selama memberikan bantuan kepada para pengungsi. Fauzi mengaku hatinya teriris melihat penderitaan yang dirasakan oleh penduduk Suriah.

"Itu benar-benar menyayat hati saya ya, melihat rumah-rumah yang sudah bolong dindingnya akibat terkena serangan rudal dan kaca yang sudah pecah juga," tutur Fauzi.

Fauzi juga mengatakan selama memberikan bantuan, banyak dari warga Suriah termasuk anak-anak sangat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan bantuan kepada mereka.


"Banyak yang berterima kasih kepada warga Indonesia yang sudah turut memberikan bantuan bagi mereka. Kita juga sering sekali didoakan oleh para pengungsi tersebut," papar Fauzi.

ACT sendiri telah memberikan beberapa program bantuan kepada pengungsi Suriah terhitung sejak tahun 2012. Bantuan tersebut berupa pangan, pendidikan, qurban, hingga tempat tinggal. ACT juga mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk terus membantu pengungsi Suriah yang sedang mengalami konflik di daerahnya.


Jadi Relawan di Suriah, Ini Kesaksian Mengerikan Fauzi Baadila



Simak Video "TNI dan ACT Operasi Bersama Distribusikan 1.000 Ton Beras Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com