detikHot

celeb

Masih 19 Tahun, Selebgram di Manajemen Awkarin Cerita Idap Bipolar

Jumat, 27 Des 2019 16:16 WIB Mauludi Rismoyo - detikHot
Selebgram Dea Saskia Putri cerita soal idap bipolar di usianya yang masih 19 tahun. (Foto: Instagram Dea Saskia Putri)
Jakarta - Selebgram dari manajemen Awkarin, Dea Saskia Putri, memberikan pengakuan mengejutkan. Di channel YouTube-nya, ia mengaku mengidap bipolar.

Dea Saskia Putri menceritakan awal mula bisa didiagnosis dokter memiliki rasa depresi tersebut. Dari SMP (Sekolah Menengah Pertama), ia ternyata punya kebiasaan aneh yakni menyakiti dirinya sendiri.

"Pada tahun ini saat aku umur 19, aku dinyatakan memiliki bipolar disorder. Semua bermula pas aku SMP, aku punya kebiasaan yang nggak baik untuk self harm. Masalahnya kayak anak baru puber gitu lho, tapi aku selalu yang nanggepin yang serius, lalu aku mulai lah larinya ke self harm. Ini tangan aku kenapa gini, aku self harm," ujarnya.


Lalu saat lulus SMA (Sekolah Menengah Atas), Dea Saskia Putri mengaku kerap menangis tiap hari dan punya pikiran untuk menghabisi nyawanya. Ketika itu, dara kelahiran 2000 tersebut merasa tak berguna untuk hidup.

"Singkat cerita pas lulus-lulusan SMA, sebelum kuliah aku banyak di rumah yang tadinya pengin semangat untuk endorse-an, PP review, dan itu aku nggak lakuin sama sekali. Aku malah diem di kamar dan nangis tiap hari selalu ada pikiran bunuh diri. Waktu itu memang masih galauin mantan, tapi itu bukan alasan utama gitu lho. Jadi aku lebih ngerasa saat itu useless pengin mati saja," ucapnya.

Perasaan batinnya makin merasa bermasalah saat kuliah. Dea Saskia Putri pun memutuskan untuk pergi ke psikiater.

"Terus dokter bilang ke papaku kalau aku punya bipolar disorder. Terus dikasih dua pilihan kamu minum obat atau nggak. Aku sudahlah minum obat saja," tuturnya.


Mulai saat itu sampai sekarang Dea Saskia Putri menjalani treatment bipolar dengan obat-obatan. Ia akan berusaha sabar menghadapi proses penyakit tersebut.

"Bipolar disorder ini nggak bisa disembuhin, tapi hanya bisa ditreatment dan saat ini aku sedang menjalani treatment minum obat setiap hari untuk mood stabilizer. Harus sabar-sabar menunggu prosesnya," katanya.




Simak Video "Kim Kardashian Blak-blakan Kondisi Kanye West yang Idap Bipolar"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com