detikHot

celeb

Hal-hal Tak Normal Ifan 'Seventeen' Usai Musibah Tsunami

Senin, 18 Nov 2019 13:02 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Duka mendalam memang dirasakan Ifan 'Seventeen' ketika kehilangan teman-teman satu band dan istrinya dalam tsunami Selat Sunda. Ada banyak hal diluar perilaku normal yang Ifan lakukan untuk mengembalikan perasaannya.

Setiap malam selama beberapa bulan, Ifan selalu menghabiskan malam di dalam mobil. Hal itu ternyata membuat kondisinya lebih baik.

"Cuma kalau saat itu gue nggak berpikir untuk hidup normal lagi, nggak, belum. Gue cuma melakukan apapun yang menurut gue nyaman. Gue nyamannya apa ya nggak tidur di rumah," cerita Ifan kepada detikcom di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan.

Saat itu, Ifan merasa nyaman berada di luar rumah. Dia merasa ketika berada di rumah ada perasaan sepi dan tidak nyaman karena ada yang kurang.



Sekalinya keluar rumah, Ifan nyaman jika tidak bertemu dengan orang banyak.

"Gue nyamannya keluar tapi nggak ketemu orang. Gue nyamannya ternyata merasa enak capek, ketiduran di mobil itu enak banget," tuturnya.

Empat bulan berlalu dari kejadian tsunami itu, Ifan akhirnya mulai mencari cara agar dia bisa hidup dan menikmati rumahnya lagi. Alhasil dia mencetak foto sang istri dan semua personel Seventeen yang telah tiada.

"Sampai setelah empat bulan gue cetak foto anak-anak Seventeen dan almarhumah, gue tempelin ke seluruh pojok rumah. Jadi benar-benar isinya semuanya foto-foto. Jadi berasa rumah karena ramai," ungkapnya.

"Pengin aja karena gue biasa pulang ke rumah enak ya, ini nggak enak ada yang kurang. Akhirnya gue tidur di mobil terus nih. Ada foto kecil-kecil, enak ya gue betah di ruang tamu. Setiap sudut rumah jadi melihat ada (sosok istri dan teman-teman)," sambung Ifan.



Bahkan ada satu foto Dylan yang dia cetak besar dan di letakkan di kasur. Semua itu dilakukan Ifan agar dirinya merasa tidak sendirian.

"Sampai sekarang. Di kasur gue, sebelahnya ada foto Dylan gede banget. Jadi gue berasa tidurnya sama Dylan, di kamar banyak foto dan lukisan gede-gede memang gue cetak biar gue merasa nyaman," ucap Ifan 'Seventeen'.


Simak Video "Hampir Setahun Setelah Tragedi Tsunami, Ifan 'Seventeen' Masih Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com