detikHot

Wawancara Eksklusif

Christian Sugiono Ungkap Artis Tak Gampang Bangun Bisnis

Jumat, 15 Nov 2019 12:52 WIB Desi Puspasari - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Semakin jarang muncul di depan layar televisi, Christian Sugiono makin maju di bidang bisnis. Tian mengaku nyaman mendapat predikat artis dan juga pengusaha.

"Saya nyaman dua-duanya. Pastinya saya paling nyaman bisnis ya, karena kalau nggak nyaman mendingan saya syuting. Saya nyaman di bisnis karena banyak sekali yang saya pelajari dari yang nggak pernah saya pelajari sebelumnya," cerita Christian Sugiono kepada detikcom di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan.

Tian mengaku dirinya adalah pria yang menyukai adanya sebuah kemajuan. Kemajuan yang didapat saat syuting dan berbisnis dikatakan Tian berbeda.



Dalam berbisnis, sebuah hasil tak bisa dia dapatkan dalam waktu dekat. Mempunyai predikat artis belum tentu mudah menjalankan bisnis.

"Itu dua hal yang berbeda, semua orang mikirnya gitu. Zaman dulu waktu syuting, gue kan orang IT, gue bisnisnya pasti teknologi, gue programmer. Zamannya gue syuting dulu, kalau meeting gue kan pasti ikut meeting. Ini bintang sinetron ini, gini-gini, bisa bikin ini? Ayo foto bareng, foto bareng, malah sibuk di foto barengnya, bukan sibuk apa yang bisa kita bahas, kita kerjakan dan sebagainya," ungkap Tian.

Hal-hal seperti itu justru membuatnya tidak nyaman. Akan tetapi, dia tak bisa menyalahkan orang-orang yang lebih mengenalnya sebagai artis ketimbang pengusaha.

Ada kalanya embel-embel artis hanya dimanfaatkan rekan bisnisnya untuk heboh banyak foto bersama. Jadi agenda pertemuan yang ditujukan untuk membahas pekerjaan jadi melenceng ke mana-mana.

"Saya nggak terlalu senang yang kayak gitu. Karena, tapi saya nggak bisa nyalahin juga orang ngertinya gue seperti itu jadi harus gue lanjutin juga. Tapi kadang-kadang memang, 'Mas Christiannya harus datang untuk apa, apa....' ujung-ujungnya minta foto. Jadi bukan utama agenda kita meeting, tapi dia mau gue datang lebih untuk minta foto. Jadi kayak malas," curhatnya.



Kini, Christian Sugiono sudah nyaman dengan bisnisnya. Beberapa bidang usaha seperti online dating, media online, dan kini online marketplace bernama Cumi atau Cuma Minjem tengah dia rintis.

"Bikin bisnis itu nggak gampang, kita harus, punya partner tepat, kita harus lebih menjalankan, jangan karena lo artis punya duit (anggap) gampang," tukas Christian Sugiono.
Photo Gallery
Halaman
1 Tampilkan Semua


Simak Video "Eksklusif! Christian Sugiono: Aktor-Pebisnis yang Cinta Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]

(pus/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com