Diet ala Seleb

Obsesi Artis Soal Bentuk Tubuh Yang Indah, Psikolog Ingatkan Ini

Pingkan - detikHot
Sabtu, 05 Okt 2019 20:01 WIB
2.

Gunakan Cara Instan untuk Miliki Tubuh Ideal, Psikolog Ingatkan Dampaknya

Obsesi Artis Soal Bentuk Tubuh Yang Indah, Psikolog Ingatkan Ini
Foto: Rachman Haryanto

Memiliki tubuh yang ideal untuk sebagian publik figur sangatlah penting. Bentuk tubuh mereka yang ideal diakui banyak menghasilkan uang.

Dalam hal ini, masyarakat terutama publik figur memiliki standar kecantikan dan ketampanan yang berbeda-beda. Tubuh kekar bagi laki-laki, dan langsing bagi perempuan tentunya menjadi patokan.



"Nggak cuma artis yang begitu. Semua perempuan rasanya juga ingin, terutama supaya bisa leluasa mengenakan pakaian yang cantik tanpa harus merasa kesempitan atau tampak berlipat-lipat," jelas Kasandra, Psikolog Indonesia saat dihubungi detikcom, Sabtu (5/10/2019).

Obsesi yang timbul adalah upaya melakukan diet dalam hal apapun. Menurut Kasandra, obsesi yang timbul dengan diimbangi diet sehat tentunya bukan masalah. Namun jika telah menghalalkan segala cara demi mendapatkan tubuh ideal, Kasandra telah mengingatkan adanya gangguan psikis terhadap orang tersebut.


"Selama masih menggunakan cara yang sehat tentu menampilkan kualitas mental yang sehat pula. Tetapi juga sudah menggunakan cara tidak sehat dan terobsesi karenanya berarti sudah ada masalah psikologis," paparnya.

Tuntutan peran dalam membintangi film atau iklan menjadi salah satu penyebab utama banyaknya publik figur memperindah diri.

"Karena tuntutan peran, karena tuntutan ekspektasi masyarakat, karena persepsi yang keliru tentang standar tubuh ideal, karena ingin tetap eksis atau laku," tutup Kasandra.

(pig/doc)