detikHot

celeb

Tentang Friday the 13th, Hari yang Identik dengan Kesialan

Jumat, 13 Sep 2019 17:50 WIB Virgina Maulita Putri - detikHot
Tentang Friday the 13th, Hari yang Identik dengan Kesialan Foto: iStock Tentang Friday the 13th, Hari yang Identik dengan Kesialan Foto: iStock
Jakarta - Apa yang ada di pikiran kalian ketika mendengar istilah Friday the 13th? Bahwa hari tersebut erat dengan mitos penuh kesialan?

Mitos Friday the 13th atau tanggal 13 yang jatuh di hari Jumat memang tidak begitu "ditakuti" di Indonesia. Tapi lain lagi dengan budaya Barat yang lekat dengan mitos ini.



Mitos Friday the 13th pun telah lama menyebar di seluruh dunia. Lantas, bagaimana tanggal ini identik dengan kesialan? Berikut serba-serbi tentang Friday the 13th yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sejarah Friday the 13th

Tidak diketahui dengan pasti bagaimana tanggal ini identik dengan hari yang penuh kesialan. Tapi, kepercayaan bahwa angka 13 identik dengan kesialan diperkirakan telah muncul sejak abad pertengahan.

Istilah Friday the 13th sendiri pertama kali disebut dalam bahasa Inggris dalam biografi Gioachino Rossini, komposer asal Italia yang meninggal dunia pada Jumat, 13 November 1868.

Ada yang menyebut asal mula Friday the 13th merujuk pada Perjamuan Terakhir yang diikuti oleh 13 tamu, di mana Judas yang mengkhianati Yesus menjadi tamu ke-13. Tentu saja sehari setelahnya Yesus disalib pada hari Jumat.

Tapi, orang yang bertanggung jawab mempopulerkan mitos ini adalah Thomas W. Lawson, seorang pebisnis dan penulis asal Amerika Serikat. Ia menggabungkan mitos bahwa hari Jumat dan angka 13 sama-sama membawa kesialan dalam bukunya yang berjudul Friday the Thirteenth yang diterbitkan pada tahun 1907.

Novel tersebut menceritakan pialang saham yang memanfaatkan mitos tersebut untuk membuat Wall Street dan pasar menjadi panik. Lawson mungkin tidak menciptakan mitos tanggal penuh kesialan ini, tapi mitos ini menjadi semakin populer setelah bukunya terbit.

2. Kejadian Buruk di Friday the 13th

Walau kalian tidak percaya dengan mitos ini, beberapa bencana dan kejadian buruk pernah terjadi di hari Jumat tanggal 13. Beberapa kejadian tersebut antara lain pengeboman Istana Buckingham oleh pasukan Jerman pada Perang Dunia II, angin topan di Bangladesh yang menewaskan 300 ribu orang pada November 1970, jatuhnya pesawat Chile di Pegunungan Andes pada Jumat, 13 Oktober 1972 dan masih banyak lagi.

3. Kepercayaan Aneh

Salah satu takhayul yang masih dipercaya adalah jika seseorang memotong rambut dan kukunya pada Friday the 13th mereka akan dilanda malapetaka. Banyak pasangan juga memilih untuk tidak menikah pada hari Jumat.

Beberapa tokoh penting juga rupanya mengikuti kepercayaan ini. Mantan Presiden AS Franklin D. Roosevelt menolak bepergian pada Friday the 13th, dan mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill tidak ingin duduk di kursi yang ada di baris ke-13 saat di pesawat atau di bioskop.



4. Bukan Kepercayaan Universal

Tidak semua budaya menganggap hari Jumat dan tanggal 13 sebagai penanda kesialan. Di Italia, angka 13 justru dipercaya sebagai angka keberuntungan. Hari kesialan mereka justru jatuh di hari Jumat tanggal 17.

Di Yunani, Friday the 13th juga tidak ditakuti, tapi mereka justru percaya hari Selasa tanggal 13 sebagai hari pembawa sial.

5. Ketakutan Akan Friday the 13th

Saking banyaknya orang yang percaya dengan mitos ini, ada nama khusus untuk orang-orang yang takut dengan Friday the 13th yaitu 'paraskevidekatriaphobia' dan 'friggatriskaidekaphobia.'

6. Pengaruh di Budaya Pop

Pengaruh Friday the 13th di budaya pop Barat sudah melekat cukup lama. Sebut saja ketika franchise film Friday the 13th meluncur di bioskop pada tahun 1980.

Film ini menggambarkan serangkaian pembunuhan sadis yang dilakukan oleh Jason Voorhes. Franchise film ini tidak hanya berhasil menelurkan 12 film tapi juga menjadikan Jason Voorhes sebagai karakter fiksi populer yang mengerikan.

7. Diwarnai Bulan Purnama

Hari Jumat ini jatuh di tanggal 13 September 2019. Mewarnai Friday the 13th kali ini, ada fenomena alam yang tidak bisa dilewatkan yaitu bulan purnama langka harvest moon yang akan muncul malam ini.

Hari ini bukan satu-satunya Friday the 13th di tahun 2019. Pada bulan Desember mendatang juga akan ada tanggal 13 yang jatuh pada hari Jumat.


Simak Video "Gracia Indri Kenang Kebersamaannya dengan Cecep Reza"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com