d'Happening

Hukuman Tegas dari Ustaz Arifin Ilham Jadikan Anak Siap dengan Kondisi Sekarang

Desi Puspasari - detikHot
Sabtu, 01 Jun 2019 15:20 WIB
Hukuman Tegas dari Ustaz Arifin Ilham Jadikan Anak Siap dengan Kondisi Sekarang Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Meninggalnya ustaz Arifin Ilham meninggalkan banyak tanggung jawab besar untuk anak-anaknya yang kelak menjadi penerus. Terlebih untuk anak pertamanya, Muhammad Alvin Faiz.

Alvin Faiz disebut sebagai penerus dakwah sang ulama. Di usianya yang masih sangat muda, 20 tahun Alvin mengatakan dirinya cukup bersyukur dengan bekal yang sudah diberikan sang ayah semasa hidupnya.

detikcom dalam program eksklusif d'Happening, mendapat kesempatan ngobrol santai bareng Alvin Faiz di kediamannya di kawasan Bukit Az-Zikra, Sentul, Bogor. Memakai gamis merah, Alvin menerima kedatangan detikcom dengan ramah.



Dia pun membuka obrolan dengan menceritakan sosok sang ayah di mata keluarga. Tidak ada yang berbeda sebenarnya apa yang ditunjukkan ustaz Arifin Ilham di hadapan jamaah maupun keluarganya.

"Sebenarnya dari sosok keluarga sebenarnya nggak jauh beda, Abi memang lebih, kalau orang menganggap Abi ulama kami menganggap guru juga. Jadi Abi ini memang sosok yang sangat tegas, disiplin, jadi ketika Abi bilang A ya A, B ya B. Ketika anaknya salah pasti mau anak sendiri juga nggak ada, ketika harus dihukum itu harus dihukum. Ketika harus disiplin ya disiplin," cerita Alvin.

Alvin kecil bersama dengan adik-adiknya kala itu tak luput dari hukuman yang diberikan oleh Arifin Ilham. Bukan tanpa maksud, hukuman itu menurut Alvin mengajarkan dirinya semakin disiplin.

"Ketika contoh, kita dididik dari kecil, dari usia 4 tahun itu subuh harus di masjid, ketika subuh kita nggak di masjid itu bisa dikurung kamar mandi, bahkan maaf dipukul tapi kan dipukul itu tidak berlebihan ada tujuan, maksud tertentu," ungkapnya.

"Contoh lain, ketika Abi meminta anak-anaknya masuk pesantren, mama nggak setuju, wajar mama. Mama yang udah sekolahnya di sini aja biar bisa ketemu setiap hari. Tapi Abi, apa Abi sedih? Abi sedih tapi Abi lebih memaksa. Kenapa? Kan ada maksud tertentu," lanjut cowok yang sangat menggemari sepak bola itu.

Kini, saat sang ayah telah tiada Alvin sadar semua ajaran ustaz Arifin Ilham membuatnya cukup siap menghadapi kondisi sekarang. Alvin kini menjadi sosok pengganti ustaz Arifin Ilham.

Arifin Ilham meninggalkan majelis, pesantren, yayasan, dan keluarga yang cukup besar. Tiga istri ustaz Arifin Ilham dengan sembilan anak lainnya yang kini menjadi tanggung jawab Alvin.

"Sekarang, ketika kita sudah masuk pesantren apa Abi sudah melihat, apa yang Abi didik selama ini itu ada maksud dan tujuan maksud di depan agar kita lebih siap menghadapi ujian-ujian di depan," pungkas Alvin Faiz.


Tonton d''happening Alvin: ''Jalan Politik'' dan Dakwah Arifin Ilham:

[Gambas:Video 20detik]

(pus/tia)