detikHot

celeb

Diprotes, Pandji Pragiwaksono Akhirnya Ganti Judul Video 'Benci Hewan Gembel'

Minggu, 07 Apr 2019 10:50 WIB Niken Purnamasari - detikHot
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pandji Pragiwaksono menyebut kalimat 'benci hewan gembel' dalam salah satu materi stand up komedinya. Kini video yang berisi konten tersebut diubah judulnya untuk merespons surat terbuka dari komunitas peduli satwa.

Pandji mengatakan dirinya memutuskan untuk tidak menanggapi atau meluruskan terkait surat terbuka dari Garda Satwa Indonesia. Menurutnya, apa yang diutarakan komunitas tersebut bersifat opini dan siapapun boleh melakukannya.

"Jadi, judul dan thumbnail video ini diganti setelah ngobrol dengan Davina dari Garda Satwa Indonesia dan Mas Willy, teman lama yang juga pemerhati kucing. Sejak awal Surat Terbuka dirilis, gue pikir emang temen temen GSI berniat utk mengutarakan opininya. Dan siapapun berhak. Walaupun disuru orang orang untuk meluruskan atau nanggepin GSI, gue putuskan utk tidak karena gue beneran mikir temen temen GSI emang pengen bikin pernyataan aja," tulis Pandji di kolom komentar YouTube, dilihat detikHOT, Minggu (7/4/2019).



Stand Up Komedian itu tak mengira materi stand up tentang 'hewan gembel', khususnya kucing akan dikritik oleh banyak orang. Dia berpendapat materi akan menimbulkan banyak konflik ketersinggungan jika terkait dengan Suku, Agama dan Ras (SARA).

Dia mengambil ide konten tentang 'kucing gembel' dari cerita penyuka kucing (cat lover) yang ramai di Twitter.

"Judul dan thumbnail itu tadinya demikian karena gue pikir tidak akan menyinggung siapa siapa karena:
A) Gue pikir ketersinggungan hanya datang dari topik-topik seperti sospol dan terkait SARA. B) Judul dan bit itu sebenarnya hasil ngobrol dengan catlover juga. Makanya kalau diperhatiin di bit tersebut ada joke yang dikenal di kalangan catlover yaitu mengenai kucing kalau di rumah kita berasa seperti yang punya rumah (ini juga alasan kenapa gue ga nyangka bitnya akan bikin ngamuk catlover krn idenya justru datang dari catlover dan di twitter gue banyak catlover, animal feeder yang ga nemu masalahnya di mana)," jelasnya.

Kini judul stand up komedi tentang hewan gembel itu telah diganti judulnya menjadi Pandji vs Cicak Ninja.

Sebelumnya, dalam salah satu cuplikan video yang diunggah Garda Satwa Indonesia di Instagram, Pandji menyebut kucing sebagai salah satu hewan yang dia benci. Bahkan kucing juga disebut Pandji sebagai hewan yang paling gembel.

"Bahkan banyak hewan yang gue benci. Benci sampai ke hati. Hewan yang gue benci ini adalah hewan gembel, hewan yang hidupnya dari sampah kita. Tahu kan lo hewan yang kerjanya ngemis, minta-minta. Salah satu yang paling gembel tuh kucing. Kucing tuh gembel. Kerjanya ganggu kita kalau lagi makan," kata Pandji dalam cuplikan video, dilihat detikHOT, Sabtu (7/4/2019).

Garda Satwa Indonesia melayangkan surat terbuka kepada penulis 'Septictank'. Mereka menilai perkataan Pandji memprovokasi orang untuk merasa wajar membenci hewan jalanan.
(nkn/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com