detikHot

celeb

3 Tahun Terakhir, Robby Tumewu Susah Komunikasi karena Stroke

Senin, 14 Jan 2019 22:02 WIB Veynindia Esaloni Pardede - detikHot
Foto: Robby Tumewu (ist/YouTube)
Jakarta - Aktor Robby Tumewu meninggal dunia karena stroke yang diidapnya. Ternyata sudah tiga tahun terakhir dia mulai sulit berkomunikasi.

"Dia sih nggak bisa ngomong ya, cuma ngerti ya udah lama (tidak berbicara), tiga tahun pertama," ujar Renee Tumewu, kakak tertua Robby saat ditemui di Rumah Duka Oasis, Tangerang, Banten, Senin (14/1).

Hal ini dialami Robby sejak stroke delapan tahun lalu dan mengalami beberapa kemunduran dalam berkomunikasi.



"Sejak mulai stroke dia udah nggak bisa ngomong, cuma dia ngerti ya apa yang kita maksud. Stroke sudah delapan tahun dan strokenya tambah lama tambah mundur," tambahnya.

"Waktu itu masuk rumah sakit, saya baru masuk ke Jerman terus kambuh lagi. Untung ada pak Syarif yang cari oksigen untuk dia. Kalau nggak ada pak Syarif nggak tahu deh, si Sri kan sendirian," lanjutnya lagi.



Banyak kenangan yang ia rasakan terhadap adik bungsunya tersebut. Salah satunya dengan sikap Robby yang suka bercanda dan jarang mengeluh.

"Ya dekat sekali. Dia kan paling lucu di keluarga kita, sekarang saya yang gantiin lucunya. Kemarin juga sempat teman-temannya yang datang nyanyi-nyanyi. Tapi dia udah nggak anggap nggak perduli ya, dia sudah nggak sadar," tukas Renee.
(vep/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com