DetikHot

celeb

Kilas Balik Karier Sule, Dulu Ngamen Kini Jadi Pelawak Termahal

Sabtu, 15 Sep 2018 19:46 WIB  ·   Ken Yunita - detikHOT
Kilas Balik Karier Sule, Dulu Ngamen Kini Jadi Pelawak Termahal Sule (Foto: detikHOT)
Jakarta - Sule lahir dari keluarga pas-pasan. Ayahnya seorang penjual bakso keliling dengan pendapatan yang boleh dibilang hanya cukup untuk makan.

Dan dari ayahnya juga, Sule mendapat bakat melucu. Di suatu kesempatan pria bernama asli Entis Sutisna ini bercerita tentang ayahnya yang suka melawak.

Sule mengaku tak pernah menyadari soal bakat melawaknya. Namun saat kumpul-kumpul bersama teman, Sule kerap membuat suasana heboh karena celetukan-celetukannya.

Selain melawak, Sule juga sudah mencintai musik sejak kecil. Idolanya saat itu adalah Rhoma Irama. Tapi itu semua hanyalah hobi, Sule tak pernah benar-benar serius menekuni musik maupun lawak.

Hanya di waktu senggangnya saja, Sule mendapat undangan untuk melawak. Karena itu, Sule juga menjajal berbagai pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari menjual ayam goreng, jagung rebus, hingga baju, pernah dilakoninya.

Setelah menikah dengan Lina pada 1997, kehidupan Sule belum banyak berubah. Mereka hidup dengan sangat sederhana bahkan bisa dibilang serba kekurangan.
SuleSule Foto: Kemewahan Sule / ist

"Pendapatannya waktu itu cuma Rp 20 ribu per hari. Itu nggak cukup untuk makan," kata Sule.

"Dulu sih boro-boro buat beli baju, bayar kontrakan rumah sama makan saja harus sering pinjam sana-sini," cerita Sule.

Berbekal niat mencari kesuksesan, bersama dua temannya di grup lawak SOS, Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin, Sule pun menjajal ke Jakarta. Berbekal proposal ke televisi.

Namun usaha itu tak langsung berhasil. Demi melanjutkan hidup, Sule dan teman-temannya harus mengamen. "Cuma biar bisa makan saja," katanya.

Dan pada 2005, Sule dan SOS mengikuti audisi pelawak, Akademi Pelawak Indonesia (API) 2005. Mereka pun berhasil menjadi juara.
SuleSule Foto: Instagram

Setelah itu, Sule memilih berkarier solo. Sosok pria kelahiran 5 November 1976 itu memang lebih bersinar bukan hanya karena penampilannya yang unik tapi juga bakat melawaknya yang lebih menonjol.

Di awal-awal kariernya, Sule tampil gondrong dengan rambut disemir kuning. Penampilan ini juga yang membuat Entis memilih nama panggung Sule yang merupakan kependekan dari Sunda Bule.

Karier Sule baru benar-benar dibilang moncer saat dirinya membintangi Opera Van Java bersama Andre Taulany, Eko Patrio, dan Aziz Gagap.

Untuk acara itu, konong Sule diberi honor Rp 4 juta per episode. Jika dihitung-hitung, Sule bisa mengantongi Rp 100 juta per bulan hanya dari satu acara saja.

Di saat yang hampir bersamaan, Sule juga punya acara 'Awas Ada Sule dan PAS Mantab. Pada 2010, Sule akhirnya bisa memiliki satu rumah dan dua mobil.

Tawaran melawak terus berdatangan setelah Sule namanya meraih sejumlah penghargaan seperti Panasonic Awards 2011 dan Indonesia Kids' Choice Awards 2011.

Tak cuma melawak, Sule juga sempat mencicipi dunia tarik suara. Sule pernah melempar Susis dan Bola Salju di pasaran. Dan bersama teman-teman OVJ, Sule pernah memparodikan I Heart You milik SMASH menjadi Bibirmu Doweh.
SuleSule Foto: Moge Sule / IG@ferdinan_sule

Sosoknya makin terkenal hingga membuatnya ditawari bermain film Sule I Need You pada 2012. Di film itu, Sule beradu akting dengan Titi Kamal dan Christian Sugiono.

Setelah OVJ tak lagi tayang, Sule dan Andre memiliki dua acara televisi di salah satu televisi swasta, Ini Talk Show dan Comedy Night Live. Acara itu sukses karena disukai banyak orang dan videonya kerap menjadi trending di YouTube.

Di Ini Talk Show, Sule konon dibayar Rp 40 juta per episode dan di Comedy Night Live, bayarannya Rp 30 juta. Dalam sebulan, Sule kira-kira bisa mengantongi Rp 1 miliar hanya dari acara televisi saja.

Jumlah itu belum ditambah dengan penghasilan lain seperti iklan, endorse, dan juga channel YouTube yang sedang dikembangkannya. Tak heran jika Sule kerap disebut sebagai pelawak termahal saat ini.

Tak heran jika kini Sule memiliki lima rumah di Bandung dan satu rumah di Jakarta. Dan juga banyak mobil termasuk motor besar yang di awal-awal kasus perceraiannya dengan Lina mencuat, disebut-sebut sebagai penyebabnya.



(ken/nu2)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed