DetikHot

celeb

Apa Kabar Dik Doank?

Senin, 22 Jan 2018 20:26 WIB  ·   Febriyantino Nur Pratama - detikHOT
Apa Kabar Dik Doank? Foto: Ari Saputra
Jakarta - Lama menepi dari dunia musik, Dik Doank memang lebih religius. Dik yang berpoligami bercerita bagaimana menjadi ayah ideal dalam mendidik anak.

Sebagai ayah, penyanyi yang dulu terkenal dengan liriknya yang ceplas-ceplos itu merasa sangat penting untuk menanamkan ilmu agama untuk anaknya.

"Ya ayah kan seorang teladan ya, saya sih daripada menjadi penceramah bagi anak-anak lebih baik menjadi temen mainnya dia. Teman sama-sama belajar, teman sebagai kekasih atau sahabatnya, sehingga nanti saling melengkapi, ketika dia berkeluarga nanti kehilangan teman mainnya, teman belajarnya, juga sahabat sejatinya, jadi kalau soal agama itu memperhatikan diriku dulu deh," ujar Dik di Masjid Pondok Indah, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2018).

Ia pun tak lupa sangat disiplin kepada anaknya soal kewajiban yang diperintahkan agama seperti salat lima waktu. Sosok Nabi Muhammad menjadi contoh paling mutlak diteladani.

"Salat lima waktu dulu yang bener, karena sudah pasti Abdullah dan Aminah itu melahirkan Rasul dan orang saleh dan saleha bertemu, karena dalam filsafat agama anak saleh itu dilahirkan dari orangtuanya yang saleh dan saleha, dari guru-gurunya yang saleh dan saleha, dari lingkungannya juga yang baik, sakinah mawadah warahmah penuh cinta dan kasih, maka keluarganya akan bisa mewadahi rumah dan lingkungannya nanti," jelasnya.

Sementara itu dalam pergaulan Dik mengaku tak pernah khawatir terhadap anak-anaknya. Ia pun mengumpamakan seperti pohon.

"Aku salat, kamu salat, aku puasa kamu puasa, kenapa kita bisa khawatir, sedekah juga kamu juga, tetapi kenapa kita khawatir, jadi semuanya seperti rangkaian pohon. Kita sedang menabur benih, menyirami, tumbuh ada pohon yang gersang, ada pohon yang rindang, ada pohon yang tumbuh banyak, kenapa bisa begitu? Ternyata pohon itu analogis saja. Dia butuh air, air itu adalah zikir. kalau orang berhenti berzikir, mesti dia khawatir," bebernya.

Ini bukti kepedulian Dik Doank pada Palestina:

[Gambas:Video 20detik]


(fbr/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed