DetikHot

celeb

Tak Ada Kata Maaf, Solmed 'Digiring' Keluar Singapura

Senin, 19 Jun 2017 15:07 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Tak Ada Kata Maaf, Solmed Digiring Keluar Singapura Foto: Ustad Solmed merasa dideportasi saat di Bandara Changi, Singapura (Dok. Istimewa)
Jakarta - Ustad Solmed masih teringat jelas bagaimana kekhawatirannya saat ditahan selama 10 jam di Bandara Changi, Singapura. Kepergiannya ke Negeri Singa itu justru membuat dirinya seperti dideportasi.

Pria bernama lengkap Soleh Mahmud itu menceritakan kisahnya kepada detikHOT di kantor detikcom, Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. 10 jam ditahan dalam ruang isolasi, Solmed pun dibebaskan tapi 'digiring' agar tidak masuk ke Singapura.

"Tiba-tiba setelah itu saya dipulangkan. Dideportasi mungkin ya, mungkin lho, tanpa penjelasan. Tentunya menjadi pertanyaan buat semua, apakah boleh sebuah negara mendeportasi atau memulangkan warga negara lain tanpa alasan? Sebab kita masuk sudah dapat izin," ucap Solmed.

Bagaimana tidak, Solmed yang akhirnya dibebaskan tapi tidak boleh masuk ke Singapura. Saat keluar ruangan, Solmed dituntun oleh empat polisi.

"Jadi saat saya disuruh keluar, dia panggil saya. Nah saya masih belum tahu mau dibawa ke mana itu. Polisi ini berempat. Saya ikutin saja. Dua depan, dua belakang. Suruh jalan cepat. Saya ikutin nggak tahunya ke tempat tiket pesawat. Saya suruh bayar," ceritanya.

"Setelah bayar tetap tiketnya masih diambil, dia pegang sama passport (saya). Saya dibawa ke ruang tunggu pesawat," tambah Solmed.

Selama berada di ruang tunggu, Solmed kembali mempertanyakan alasannya ditahan. Akan tetapi, polisi-polisi yang mengawalnya tak memberikan jawaban yang memuaskan.

"Dia bilang 'sudah, you yang penting clear. You sudah bersih, you boleh kumpul sama anak dan istri. Dan yang paling akhir dia bilang, you tidak foto saya kan?' Tidak, saya bilang," urai Solmed tertawa.

Selama berada di ruang tunggu pesawat, polisi-polisi itu tetap mengawal Solmed. Sampai akhirnya ada panggilan terakhir untuk penumpang menaiki pesawat, Solmed disuruh masuk ke dalam pesawat.


(pus/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed