Krisna Mukti Bicara tentang Nasib Mantan Atlet Nasional

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Senin, 06 Jun 2016 21:03 WIB
Foto: Lamhot aritonang
Jakarta - Jadi anggota DPR RI bidang pemuda dan olahraga membuat Krisna Mukti memikirkan nasib mantan atlet nasional. Krisna mengaku sedih saat melihat kehidupan mantan atlet nasional yang pernah mengharumkan nama Indonesia.

"Atlet yang pernah mengharumkan nama Indonesia dalam ajang internasional di masa lalu tidak semuanya hidup sejahtera di masa sekarang. Saya beberapa kali bertemu di mall dengan mantan-mantan atlet yang kurang beruntung hidupnya," tutur Krisna Mukti, Senin (6/6/2016).

"Mereka ada yang menjajakan medali di mall demi kelangsungan hidup mereka di masa tua. Ini membuat hati saya teriris-iris melihat kenyataan pahit tersebut," tambah Krisna lagi.

Tak hanya itu, pria yang sudah lama bercerai tersebut mengatakan dirinya juga pernah bertemu dengan mantan atlet yang kini menjadi tukang pos dekat rumahnya.

"Saya bersyukur akhirnya mendapatkan jawaban dan kesempatan dari Allah berbuat sesuatu untuk mereka dengan menjadi wakil rakyat yang berada di komisi X, yang salah satu bidangnya adalah pemuda dan olahraga. Saya bertemu dengan Menpora 1,5 tahun lalu baik secara pribadi maupun dalam raker-raker di komisi, saya gencar mengusulkan dan mendorong Kemenpora untuk memberikan semacam penghargaan atau tunjangan hari tua untuk kesejahteraan mantan-mantan atlet tersebut," katanya.

"Alhamdulillah doa saya terjawab ketika kemarin akhirnya Menpora, Imam Nahrawi, memberikan tunjangan hari tua kepada mereka di hotel Sahid. Walaupun belum semua tercover, hanya atlet olimpiade yang meraih medali saja, tapi ini merupakan langkah maju dan perlu diapresiasi dengan baik. Semoga ke depannya Kemenpora bisa meningkatkan anggarannya untuk mensejahterakan mantan mantan atlet yang pernah berprestasi untuk Indonesia," terang Krisna. (wes/fk)