Ahli Bedah Plastik, Djohansjah Marzoeki: Dorce Pernah Saya Tangani Ganti Kelamin

- detikHot
Kamis, 04 Sep 2014 09:31 WIB
Jakarta -

Sepanjang karir profesi sebagai ahli bedah plastik, Prof. Dr. dr. Djohansjah Marzoeki telah menangani puluhan orang yang ingin berganti kelamin. Pasien sendiri datang dari berbagai kalangan dan latar belakang yang berbeda.

Di satu sisi, ada hal mengejutkan yang diungkapkan Djohansjah. Ia mengaku pernah menangani operasi kelamin terhadap artis Dorce Gamalama. Hal itu dikatakannya saat mengisi acara 'Hitam Putih', Rabu (3/9/2014) malam.

"Saya sendiri telah menangani 40 orang yang ganti jenis kelamin. Dorce salah satunya," ungkapnya.

Djohansjah sebenarnya merasa tidak enak membuka nama sang artis itu di depan umum. Kenapa?

"Seharusnya saya tidak boleh menyebut nama Dorce ya. Tapi, di acara televisi dia (Dorce) sudah mulai terbuka, makanya saya mau menyebut namanya. Dia bahkan menyebut nama saya," bebernya.

Meski tak langsung menyebutkan mengapa Dorce mengubah kelaminnya, tapi Djohansjah mengatakan kebanyakan dari para pasiennya merasa ada kelainan atau jiwanya tak sesuai dengan kepribadian.

"Itu kelainan atau ada penyakit. Dia laki-laki, hormonnya laki-laki, tapi feeling-nya dia merasa sebagai perempuan. Itu bukan karena hormon, tapi lebih ke jiwa," jelasnya.

Dorce terlahir sebagai seorang laki-laki bernama Dedi Yuliardi Ashadi. Kabarnya, ia mengganti kelaminnya karena sering mendapat peran menjadi seorang wanita saat terlibat di sanggar tari waria.

Saat memutuskan berganti kelamin, pertentangan dan cibiran datang dari berbagai pihak. Namun seiring waktu, Dorce juga bisa buktikan dirinya bisa berprestasi.

(mau/wes)