Dilelang! Lukisan Mbah Surip & Iwan Fals

- detikHot
Jumat, 11 Des 2009 18:38 WIB
Jakarta - Tertarik membeli lukisan Mbah Surip dan Iwan Fals? Siapkan kocek Anda, karena mulai Sabtu (12/12/2009) besok, lukisan keduanya akan dilelang. Untuk lukisan almarhum Mbah Surip, harga pembukanya Rp 20-30 juta.

"Harga awalnya Rp 20-30 juta, kalau bisa lebih dari itu," tutur Slamet Jenggot, pelukis yang juga sahabat Iwan Fals dan alamrhum Mbah Surip saat ditemui di Libra Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (11/12/2009).

Rencananya di Hotel Sultan jugalah lukisan-lukisan tersebut dipajang. Hasil lelang akan disumbangkan pada korban gempa Sumatera Barat.

Dituturkan Slamet, Iwan Fals dan alamrhum Mbah Surip, menghasilkan lukisan-lukisannya di rumahnya di kawasan Ujung Aspal, Bekasi, Jawa Barat. Untuk Mbah Surip, lukisannya diselesaikan sebelum dirinya wafat. Sayang Slamet Jenggot, tidak ingat kapan tanggal persisnya.

"Untuk melukis Mbah butuh satu malam suntuk. Dia itu melukis kayak ngeludah, nggak langsung, dicicil. Untuk jadi sebuah lukisan butuh dua minggu," urai Slamet.

Ketika melukis, Mbah Surip juga dalam keadaan gelisah. "Dia lari ke sana-ke sini. Mbah itu kalau melukis nggak mau sama dengan orang lain," kisah Slamet lagi.

Berbeda dengan Mbah Surip, Iwan Fals, justru duduk tenang saat melukis. Hanya saja, bibirnya tidak henti-hentinya berbicara masalah politik dan apa saja yang terjadi di Indonesia.

"Dia buat di rumah saya dari jam 9 sampai jam 5, dapat dua lukisan, Nada dan Irama. Kalau yang Irama sudah laku Rp 88 juta," pungkas Slamet.

(eny/eny)