5 Fakta Eiichiro Oda yang Ultah ke-48

ADVERTISEMENT

5 Fakta Eiichiro Oda yang Ultah ke-48

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 02 Jan 2023 13:18 WIB
Eiichiro Oda, mangaka One Piece.
Foto: Dok. Instagram/eiichiro.oda
Jakarta -

Tepat pada 1 Januari 1975, Eiichiro Oda lahir ke dunia. Pria kelahiran Prefektur Kumamoto, Jepang, itu dikenal sebagai salah satu mangaka terbaik di Jepang melalui manga One Piece.

Sejak kecil, Eiichiro Oda diketahui punya impian menjadi bajak laut dan seorang komikus. Tak disangka, impiannya pun terwujud saat usianya menginjak angka 17 tahun. Dia meluncurkan manga berjudul Wanted dan mulai memenangkan berbagai penghargaan.

Berikut 5 fakta soal Eiichiro Oda, seperti dirangkum redaksi detikHOT, di antaranya adalah:

1. Asisten Mangaka

Ketika memulai karier sebagai komikus di awal dekade 1990-an, Eiichiro Oda diketahui berprofesi jadi asisten. Setelah lulus SMA, dia melanjutkan kuliah di Universitas Kyushu Tokai jurusan Arsitektur.

Dia menjadi asisten bagi 3 komikus di Majalah Shonen Jump. Saat itulah, dia merilis manga Wanted dan memenangkan penghargaan Tezuka.

Pada 1992, dia bekerja dengan Masaya Tokuhiro sampai 1994. Lalu sempat bekerja dengan mangaka Shinobu Kaitan lewat komik Suizan Police Fang. Pada 1995, Eiichiro Oda juga pernah bekerja dengan Nobuhiro Watsuki dan menggarap Rurouni Kenshin atau Samurai X.

2. Manga Sebelum One Piece

Sebelum menerbitkan manga One Piece, Eiichiro Oda merilis sejumlah judul komik. Di antaranya adalah Gift for the Future (1993), Ikki Yako (1994), dan Monster (1994). Tapi, baru manga One Piece yang melejitkan namanya.

3. Bab Pertama Manga One Piece

Di awal tahun 1996, Eiichiro Oda bekerja sama dengan Nobuhiro Watsuki dan sempat menggarap manga one-shot yang disebutnya sebagai Romance Dawn versi 1 dan 2. Dari situ, Oda menjadikannya sebagai bab pertama dari kemunculan One Piece.

Dia mulai menyelesaikan kerja sama dengan Nobuhiro Watsuki dan membuat sketsa awal One Piece yang muncul dalam Color Walk 1. Oda membuat 8 bab pertama sebelum akhirnya rilis ke publik.

4. Jadi Pengisi Suara

Eiichiro Oda resmi menerbitkan manga One Piece di majalah Shonen Jump pada 1997 dan menjadi komik terpopuler sampai sekarang. Oda juga diketahui mengisi suara dalam The Dream of the King of Soccer yang ditambahkan juga ke dalam film ketiga One Piece yang berjudul The Kingdom of Choppers on the Island of Strange Animals.

5. Kehidupan Pribadi

Eiichiro Oda termasuk salah satu mangaka yang tidak punya akun media sosial pribadi. Sosoknya juga jarang diperlihatkan ke publik dan banyak yang tak diketahui penggemarnya.

Dalam berbagai bio, Eiichiro oda diketahui telah menikah dengan Chiaki Inaba pada 7 November 2004. Istrinya diketahui seorang mantan model dan pernah cosplay sebagai Nami sebelum bertemu sang mangaka di ajang Jump festa pada 2002 dan mulai berkencan setelahnya.

Eiichiro Oda dan Chiaki Inaba telah memiliki dua orang putri. Putri pertamanya lahir pada 2006 dan kini berusia 16 tahun dan yang kedua pada 2009 serta berumur 13 tahun.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT