Helmy Yahya Angkat Kisah Penjelajah Bumi Indonesia Pertama di Novel Terbaru

ADVERTISEMENT

Helmy Yahya Angkat Kisah Penjelajah Bumi Indonesia Pertama di Novel Terbaru

Pingkan Anggraini - detikHot
Sabtu, 26 Nov 2022 14:47 WIB
Helmy Yahya
Foto: Helmy Yahya (dok. Pingkan/detikcom)
Jakarta -

Helmy Yahya akhirnya resmi mengumumkan buku terbarunya yang berjudul Clavis Mundi: Legenda Enrique Maluku, Pengeliling Bumi Pertama.

Dalam menulis buku tersebut, presenter senior ini juga bekerja sama dengan ketiga rekannya yaitu Utama Prastha, Donna Widjajanto, dan Reinhard Tawas.

Helmy Yahya menegaskan, isi dalam buku tersebut sekaligus membuktikan klaim Nenek Moyangku Seorang Pelaut yang kerap dinyanyikan orang Indonesia bukan hanya omong kosong belaka.

Menurut Helmy Yahya, Indonesia merupakan negara hebat dengan Sumber Daya Alam (SDA) hingga budaya yang melimpah.

"Sayangnya, kita suka mengabaikan kehebatan kita. Seperti, Batik diambil, baru protes. Tapi, kita sendiri nggak pernah merawatnya," ucap Helmy Yahya saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Nah, ini ada tokoh Indonesia, hebat. Kita nggak boleh lupa. Pelaut kita dulu sangat hebat," tutur Helmy Yahya melanjutkan.

Helmy Yahya menceritakan, Reinhard Tawas melakukan riset yang mendalam untuk membuktikan Enrique Maluku merupakan penjelajah bumi pertama.

Riset yang dilakukan Reinhard Tawas hingga ke Museo Naval, Museo del Prado, dan Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofia di Madrid, Spanyol.

"Dia juga tinggal di sana selama sebulan untuk membuktikan bahwa sosok Enrique adalah benar pengeliling bumi pertama asal Maluku," jelas Helmy Yahya.

Dalam buku tersebut, Helmy Yahya dan tiga rekannya mengungkapkan bahwa Enrique melakukan ekspedisi perjalanan laut bersama Magellan dalam Armada de Moluccas.

Di sisi lain, Helmy Yahya sempat berseloroh dalam proses penulis Clavis Mundi ini.

Katanya project ini dikerjakan karena keisengannya setelah diberhentikan dari TVRI.

"Ini pekerjaan iseng saya setelah saya diberhentikan dari TVRI," kata Helmy Yahya sambil tertawa.



Simak Video "Kata Helmy Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT