Chandra Bientang, Sang Penulis Pendatang Baru Raih Penghargaan IKAPI

ADVERTISEMENT

Chandra Bientang, Sang Penulis Pendatang Baru Raih Penghargaan IKAPI

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 09 Nov 2022 18:05 WIB
Chandra Bientang, Penulis Pendatang Baru yang Raih IKAPI Awards
Foto: Tia Agnes/ detikcom
Jakarta -

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) memberikan penghargaan rookie of the year atau penulis pendatang baru kepada sosok Chandra Bientang. Siapakah dia?

Penghargaan yang diterima Chandra Bientang saat pembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 di Jakarta Convention Center bukan sembarang kategori. Baru 3 tahun terakhir, kategori itu dihadirkan IKAPI sebagai apresiasi kepada penulis baru yang sedang naik daun.

Chandra Bientang yang juga pernah meraih emerging writer di ajang Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2019 itu memulai kariernya sebagai seorang penulis konten dan cerpenis. Dari situ, ia melahirkan dua buah novel yang diterbitkan oleh Noura Books, berjudul Dua Dini Hari dan Sang Peramal.

Kedua novel sama-sama sukses besar dan diapresiasi para penggemarnya. Padahal karya-karya tersebut bergenre urban thriller.

Kepada detikcom, Chandra menuturkan ranah fiksi memang sudah menjadi area kreativitasnya. Sejak kecil, ia memang menyukai bacaan-bacaan seperti 5 Sekawan, Trio Detektif sampai buku-buku Agatha Christie.

"Ketika remaja saya membaca Umberto Eco dan Sekar Ayu Asmara yang menginspirasi. Buku-buku itu sangat utopia," katnya ketika diwawancarai di stan Mizan Pustaka, Rabu (9/11/2022).

Sepanjang kariernya yang masih seumur jagung, Chandra Bientang mengaku tidak bisa menulis tanpa embel-embel misteri.

"Menurutku tulisan yang mengundang teka-teki, bagaimana nasib dari setiap karakter, ada unsur suspense selalu menarik. Tapi di karyaku juga lebih ke psikologikal dan menggali karakter-karakter, hal itu cuma aku temukan di genre thriller," tegasnya.

Tapi ia menegaskan genre-nya lebih ke urban thriller. Hal itu yang menjadi daya tarik bagi pembaca urban.

Dia pun optimis genre urban thriller akan lebih banyak penulis yang mengikuti dan disukai oleh penggemarnya.

"Ini peluang banget sih dan masa depannya ada di industri perbukuan kita," tukasnya.



Simak Video "Momen Haru Istri Sapardi Djoko Damono Terima Penghargaan IKAPI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT