IIBF 2022 Resmi Dibuka, Siap Sambangi Pameran Buku Tertua di Indonesia?

ADVERTISEMENT

IIBF 2022 Resmi Dibuka, Siap Sambangi Pameran Buku Tertua di Indonesia?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Rabu, 09 Nov 2022 13:17 WIB
Pembukaan Indonesia International Book Fair 2022
Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 resmi dibuka mulai hari ini di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Foto: Tia Agnes/ detikcom
Jakarta -

Pameran buku tertua dan terbesar di Tanah Air, Indonesia International Book Fair (IIBF) 2022 resmi dibuka hari ini. Kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, IIBF menjadi ajang bertemunya penerbit, penulis, dan pembaca buku.

Ketua Panitia IIBF 2022, Wahyu Rinanto, mengatakan usia IIBF yang menginjak angka 42 tahun bukanlah sembarang umur.

"Ini bukan waktu yang singkat tapi tantangan buat kami agar menjadi lebih kreatif. Alhamdulillah bisa diselenggarakan lagi secara offline di JCC dan melalui lokapasar online," ungkap Wahyu saat pembukaan IIBF di panggung utama Hall B, JCC, Jakarta Pusat, Rabu (9/11/2022).

Pameran buku IIBF, lanjut dia, merupakan saksi sejarah bagi perkembangan industri buku Tanah Air. Di ruang inilah para penulis, penerbit, dan pelaku insan kreatif lainnya bertemu.

"IIBF 2022 selalu menghadirkan acara bagi masyarakat yang berkualitas sampai akhir pekan ini. Kami juga ada Indonesia Rights Fair (IRF) yang diikuti 50 penerbit dari dalam dan luar negeri. Area yang tak kalah penting adalah kami menyediakan Zona Kalap dengan 6.000 judul buku tersedia," katanya.

Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman, menambahkan penyelenggaraan kali ini lebih istimewa karena bertepatan dengan Kongres Asosiasi Penerbit Dunia atau IPA World Congress. Jakarta menjadi tuan rumah bagi kongres tersebut.

"Kita optimis menyelenggarakan lagi setelah dua tahun secara online. Tahun ini menjadi spesial karena Kongres Asosiasi Penerbit digelar di Jakarta. IPA World Congress punya 92 organisasi dari 76 negara dan IKAPI menjadi salah satu anggotanya sejak tahun 1973," tambahnya.

Pembukaan Indonesia International Book Fair 2022Pembukaan Indonesia International Book Fair 2022 Foto: Tia Agnes/ detikcom

IIBF 2022 diikuti total 134 peserta dari dalam dan luar negeri dengan target jumlah pengunjung 25.000 orang. Pameran di Hall B JCC dan di lokapasar akan dimulai di waktu yang bersamaan mulai hari ini. IIBF bakal diisi mulai dari diskusi, peluncuran buku, jumpa penulis, seminar atau workshop bagi pelaku industri buku dan penerbitan sampai Anugerah IKAPI yang diberikan kepada para penulis, tokoh, dan lembaga yang punya dedikasi di bidangnya.

Pembukaan IIBF diresmikan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Dia juga sekaligus meluncurkan buku keduanya soal SDGs atau tujuan pembangunan berkelanjutan desa.

"Saya dipercaya untuk membuka pameran buku IIBF sekaligus meluncurkan buku kedua dari trilogi SDGs. Buku kedua ini sengaja diterbitkan penerbit umum bukan kementerian, karena kalau kementerian pakai anggaran APBN dan tersimpan dengan rapi di kantor tapi kalau penerbit umum, buku-buku yang terbit di tahun berapapun pasti bakal dicari," ungkapnya.

IIBF 2022 berlangsung mulai hari ini sampai akhir pekan dan tidak ada tiket yang dipungut alias gratis.



Simak Video "Momen Haru Istri Sapardi Djoko Damono Terima Penghargaan IKAPI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT