ADVERTISEMENT

Penemu Manuskrip Novel On the Road Meninggal di Usia 102 Tahun

Tia Agnes Astuti - detikHot
Senin, 05 Sep 2022 12:35 WIB
Sterling Lord
Sterling Lord adalah seseorang yang berhasil menemukan sampai menerbitkan naskah novel On The Road karya Jack Kerouac.Foto: Istimewa
Jakarta -

Nama Sterling Lord dikenal sebagai agen sastra yang unik dan berhasil menemukan novel fenomenal On the Road karya Jack Kerouac. Akhir pekan lalu, ia meninggal dunia di usia 102 tahun.

Kabar duka itu dibagikan oleh putri Sterling Lord, Rebecca Lord, melalui media sosial pribadinya. Sterling Lord tutup usia di sebuah panti jompo di Ocala, Florida.

"Dia meninggal dalam keadaan tenang karena usianya yang sudah tua," katanya, seperti dilansir dari The Associated Press, Senin (5/9/2022).

Sterling Lord memulai bisnis literary agent atau agen sastra atas namanya di 1952 dan bergabung dengan rivalnya Literistic untuk membentuk perusahaan bernama Sterling Lord Literistic Inc. Lambat laun, perusahaan itu menjadi penerbit sekaligus literary agent terlama dalam industri buku.

Dia mengurusi perusahaannya sampai berusia 100 tahun. Lalu memutuskan untuk istirahat di usianya yang senja.

Sterling Lord dikenal sebagai seorang yang pandai bicara dan negosiator yang cakap. Sepanjang kariernya, ia sangat waspada terhadap tren terbaru di dunia buku.

Dengan gigihnya, saat Sterling Lord menemukan naskah novel On the Road, ia berusaha untuk menerbitkannya. Ia menemukannya di awal dekade 1960-an namun saat itu Jack Kerouac menolak untuk merilisnya.

Sterling Lord mengaku terkesan dengan naskah tersebut. Ia mengatakan manuskrip On the Road menarik perhatiannya.

"Saya tertarik dengan tulisan bagus dan ide-ide baru yang masih segar. Saya juga bisa bertemu dengan beberapa orang yang sangat menarik," katanya.

Dia percaya tulisan Jack Kerouac harus didengar dan dibaca banyak orang. Menurut penuturannya, Kerouac punya suara segar dan khas.

"Tapi industri buku sedang tidak mood saat itu. Bahkan editor juga tidak tertarik sampai akhirnya ada editor lainnya yang memuji naskah On the Road dan disebut sang penulis punya bakat luar biasa serta istimewa. Novelnya disebut tidak bisa dijual tapi itu adalah novel bagus," ucap Sterling Lord.

Sayangnya ketika novel On the Road terbit, Jack Kerouac menjadi seorang alkohol sampai merenggut nyawanya. Sterling Lord menghadiri pemakaman novelis fenomenal tersebut. Adaptasi film On The Road pun tayang pada 2012 yang dibintangi oleh Sam Riley dan Kristen Stewart.



Simak Video "Penjelasan Polisi Terkait Mediasi Lesti-Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT