Hilang 60 Tahun, Surat Inspirasi Penulis Novel 'On the Road' Ditemukan

ADVERTISEMENT

Hilang 60 Tahun, Surat Inspirasi Penulis Novel 'On the Road' Ditemukan

- detikHot
Rabu, 26 Nov 2014 16:03 WIB
Novel 'On the Road'
Jakarta - Masih ingat dengan film 'On the Road' yang dibintangi oleh Kristen Stewart, Sam Riley dan Garrett Hedlund? Ternyata penulis novelnya Jack Kerouac menuliskan kisah perjalanan itu atas inspirasi dari sebuah surat.

Hilang selama 60 tahun, surat yang memuat 16 ribu kata dan ditulis oleh penulis bersejarah Neal Cassady tersebut ditemukan kembali. Gaya bahasa yang ditulis Kerouac tadinya adalah berbentuk prosa sastra tapi setelah membaca surat itu ia mengubahnya menjadi lebih spontan.

Ia menyakini surat itu hilang ketika kawannya Allen Ginsberg menginap di kapal pesiar di California bagian Utara.

"Itu adalah surat milik saya, jadi Allen tidak seharusnya ceroboh sehingga menjatuhkannya ketika berada di kapal," katanya dalam sebuah wawancara kepada The Paris Review pada 1968.

Ternyata surat tersebut tidak terjatuh tapi Allen menyimpannya, mencoba untuk menerbitkannya dan mengirimkan ke Golden Goose Press di San Francisco. Kemudian, surat itu ditemukan oleh putri pemilik label musik independen yang berbagi kantor dengan penerbit.

Ia menyimpannya hingga kantor penerbit itu ditutup. Surat yang dikenal dengan 'The Joan Anderson Letter' itu memuat deskripsi Cassady bersama seorang wanita dan menuliskannya dengan gaya bebas dan spontan.

(tia/mmu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT