ADVERTISEMENT

Tertarik Beli? Satu Set Buku Langka Harry Potter Dilelang Rp 2,3 Miliar

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 07 Jul 2022 14:04 WIB
Buku Langka Harry Potter
Foto: Courtesy of Livraria Lello, Porto, Portugal
Jakarta -

Edisi pertama dari serial buku Harry Potter selalu menarik untuk dibeli. Kolektor buku langka berbondong-bondong membelinya untuk 500 eksemplar naskah langka tersebut.

Balai lelang Christie melalui bagian naskah berharga bakal melelang satu set lengkap buku Harry Potter edisi pertama senilai Rp 1,5 sampai Rp 2,3 miliar pada 13 Juli mendatang.

Buku yang dijual oleh toko buku Livraria Lello, Porto, Portugal ini tadinya dimiliki oleh keluarga Pedro Pinto. Nantinya, sebagian hasil penjualan bakal disumbangkan kepada Yayasan Lumos.

Dilansir dari situs resmi Livraria Lello, edisi pertama Harry Potter yang bersampul itu terbilang langka. Ada kesalahan ejaan pada kata 'tongkat sihir' di halaman 53 dan ejaan Philosopher's di sampul bagian langka.

Kelangkaan dari buku Harry Potter yang pertama sudah mulai diburu kolektor sejak 2014. Selama sepekan, satu set buku itu dipajang di Balai Lelang Christie's London mulai dari 9-12 Juli 2022.

Yayasan Lumos turut mempromosikan mengenai pelelangan naskah langka ciptaan JK Rowling tersebut.

"Satu buku set lengkap dari Harry Potter yang ditanda tangani oleh @jk_rowling akan dilelang pada 13 Juli, dengan sebagian hasil lelang untuk keuntungan pekerjaan membantu anak-anak terlantar," cuit Yayasan Lumos, seperti dilihat detikcom.

Kisah anak laki-laki penyihir itu menggemparkan dunia sejak akhir dekade 1990-an. Edisi pertamanya yang berjudul Harry Potter dan Btu Bertuah versi hardback hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar, 300 di antaranya dikoleksi oleh perpustakaan.

Setelah kesuksesan buku pertama, petualangan bocah penyihir berlanjut di Sekolah Sihir Hogwarts. Cetakan edisi pertama pun kian dicetak ulang setiap tahunnya.

Ini bukan pertama kalinya buku Harry Potter masuk ke balai lelang internasional. Pada Desember 2021, buku Harry Potter and the Philosopher's Stone laku terjual Rp 6,7 miliar.

Lelang yang digelar oleh Heritage Auctions AS itu merupakan pencapaian harga tertinggi untuk karya fiksi di abad ke-20. Awalnya, harga lelang mencapai angka Rp 1 miliar saja, namun Eksekutif Heritage Auctions, Joe Maddalena tak menduga harganya bakal naik enam kali lipat.

"Harga Rp 6,7 miliar menjadi karya fiksi termahal yang pernah dijual sepanjang abad ke-20," kata Joe Maddalena, dilansir dari Reuters.



Simak Video "JK Rowling Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Beri Dukungan ke Salman Rushdie"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT