ADVERTISEMENT

Indonesia International Book Fair 2022 Digelar Secara Hibrid 9-13 November

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 03 Jun 2022 11:46 WIB
Indonesia International Book Fair 2022
Peluncuran International Book Fair 2022 digelar pada 9-13 November secara hibrid. Foto: Courtesy of IIBF 2022
Jakarta -

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) kembali menyelenggarakan Indonesia International Book Fair 2022. Digelar pada 9-13 November 2022, pameran buku bertaraf internasional itu bakal berlangsung secara hibrid atau perpaduan antara luring dan daring.

Ketua Umum IKAPI, Arys Hilman Nugraha mengatakan selama 42 terakhir IKAPI membuat pameran buku dengan tujuan membangun literasi baca tulis di Indonesia.

"IIBF adalah pusat kegiatan promosi, transaksi, diskusi, dan interaksi internasional bagi kalangan penerbit, penulis, pustakawan, aktivis literasi, seni, budaya, dan pendidikan, serta pelaku industri kreatif lainnya," katanya saat peluncuran IIBF 2022 di Hotel Rivoli, Jakata Pusat.

Penyelenggaraan IIBF kali ini lebih istimewa. Lantaran bertepatan dengan penyelenggaraan International Publishers Association (IPA) World Congress ke-33 yang merupakan agenda rutin IPA setiap dua tahun dan dihadiri para insan dan tokoh perbukuan dari seluruh dunia.

"Pada kongres ini, IKAPI bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah. Event ini akan diselenggarakan selama 3 hari pada 10-12 November 2022," katanya.

Hadir secara spesial, IIBF 2022 kali ini mengusung tema Empowering Creative People in a Creative Way. Nantinya bakal ada berbagai acara untuk meramaikan.

Dimulai dengan kegiatan pre event seperti IIBF Goes to Campus, IIBF Goes to School, dan IIBF Goes to Mall.

"Diskusi dan peluncuran buku, jumpa penulis, seminar atau workshop untuk insan perbukuan dan penerbitan, hingga Anugerah IKAPI (IKAPI Award), yakni penghargaan dari IKAPI yang dianugerahkan kepada penulis dan tokoh atau lembaga yang memiliki dedikasi serta kontribusi positif terhadap perkembangan literasi," ungkap Ketua Panitia IIBF 2022, Wahyu Rinanto.

Salah satu acara yang spesial adalah IRF untuk transaksi hak cipta yang digelar pada 9-11 November 2022. Di sini, penulis, konten kreator, penerbit sampai literary agent bakal berkumpul dan melakukan transaksi hak cipta.

IIBF 2022 bakal diselenggarakan di Jakarta Convention Centre Cendrawasih Hall dengan target 90 ribu pengunjung, 200 penerbit, 110 acara, dan 20 negara yang berpartisipasi.



Simak Video "Momen Haru Istri Sapardi Djoko Damono Terima Penghargaan IKAPI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT