DC Comics Beri Petunjuk Batman Biseksual di Komik Terbaru

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Rabu, 18 Mei 2022 12:21 WIB
Batman: The Knight
Foto: dok. DC Comics
Jakarta -

DC Comics bikin heboh penggemar dengan perilisan Batman: The Knight volume 5. Di cerita komik tersebut, ada petunjuk yang mengarah ke orientasi seksual Batman sebagai biseksual.

Dikisahkan Bruce Wayne muda semakin dekat dengan rekannya, Anton, dan keduanya berbagi momen intim bersama. Bruce dan Anton digambarkan bertatapan sangat dekat hingga nyaris berciuman. Tapi klimaks dari adegan itu dibuyarkan oleh sebuah gangguan.

Batman: The Knight merupakan karangan Chip Zdarsky, Carmine Di Giandomenico, Ivan Plascencia, dan Pat Brosseau. Volume pertamanya dirilis pada 18 Januari 2022 yang berkisah tentang cerita Bruce Wayne yang berbeda dari yang sudah-sudah.

Batman: The KnightBatman: The Knight Foto: dok. DC Comics

"Cerita Batman dan pertarungannya melawan kejahatan di Gotham City adalah mitologi modern, tapi ada cerita apa di antara kejadian itu? Bagaimana akhirnya seorang bocah pemarah dan rapuh tumbuh menjadi detektif paling sukses dan melawan kejahatan di dunia? Bagaimana Dark Knight berawal?" demikian deskripsi dari Batman: The Knight dikutip dari DC Comics.

DC Comics sejauh ini tidak mengkonfirmasi secara langsung bahwa Batman adalah seorang biseksual. Berbeda halnya dengan pengumuman yang mereka buat untuk Robin dan juga Ghostmaker, dua orang rekan Batman yang orientasi seksualnya sudah dijelaskan.

Selain karakter-karakter pria dalam DC Comics tersebut, ada pula beberapa karakter yang dikisahkan biseksual. Di antaranya Harley Quinn dan Poison Ivy. Dalam komik keduanya bahkan pernah dekat dan naksir satu sama lain. Melihat sejarah deretan karakter-karakter dengan orientasi biseksual tersebut, fans menerka-nerka bahwa DC Comics juga akan membuat Batman demikian.

Cerita Batman: The Knight volume 5 menuai respons beragam di kalangan fans. Menurut salah satu fans lewat akun Twitter @BatmanShill, orientasi seksual Batman dan bagaimana dia menyembunyikan identitasnya sebagai superhero merupakan dua hal yang berkaitan.

Namun di tengah dukungan dan komentar positif soal itu, ada pula pembaca yang tidak menyukai arah cerita Batman yang ditulis oleh Zdarsky Cs. Tidak sedikit dari fans menyebut karakter Batman dihancurkan lewat serial komik terbaru ini.

Fans juga menyoroti bagaimana cerita Batman: The Knight volume 5 seperti berkaitan dengan rilisan terbaru Batman: Urban Legends pekan lalu. Di sana, Batman punya momen dengan John Constantine dan fans menilai itu lebih dari sekadar pertemanan.

Kepastian soal Batman dan orientasi seksualnya masih belum dikonfirmasi oleh DC Comics. Sepertinya mereka sudah menyiapkan sesuatu di volume selanjutnya yang bisa jadi jawaban dari pertanyaan dan kegelisahan fans saat ini.

Batman: The KnightBatman: The Knight Foto: dok. DC Comics
(aay/dar)