ADVERTISEMENT

Kronologi Pencipta Ninja Hattori dan Doraemon Meninggal

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 07 Apr 2022 17:30 WIB
Komikus Fujiko A Fujio
Foto: Istimewa
Jakarta -

Kreator Ninja Hattori dan Doraemon, Fujio A Fujio meninggal dunia hari ini. Dia tutup usia di umur 88 tahun.

Kepolisian Kawasaki, Tokyo, menceritakan kronologi meninggalnya sang komikus. Polisi mendapatkan panggilan darurat dari seseorang dari rumah Fujio A Fujio pada pukul 08.40 waktu Jepang.

Saat berada di telepon darurat, anggota rumah menyebutkan sang komikus dalam keadaan pingsan. Polisi pun menghampiri kediaman pribadinya dan ketika sampai sang komikus sudah meninggal dunia.

Polisi masih menyelidiki penyebab kematian dari Fujiko A Fujio. Tapi dari catatan dokumen kepolisian, ia tidak mengalami cedera atau luka yang mencurigakan.

Kematian pria yang bernama asli Motoo Abiko sampai sekarang masih belum diketahui penyebabnya.

Nama Fujiko A Fujio paling dikenal karena kolaborasinya dengan Fujiko F Fujio (nama asli Hiroshi Fujimoto). Keduanya pun bekerja sama dan melakukan kolaborasi dengan nama Fujiko Fujio.

Salah satu karya manga paling terkenal yang dibuat keduanya adalah Doraemon, tentang dunia robot kucing tituler dari masa depan serta persahabatan dengan bocah laki-laki bernama Nobita. Manga ini sukses besar di Jepang dan terbit dari 1970 sampai 1996.

Pasangan ini pun bekerja bersama, sebelum akhirnya memutuskan berpisah pad 1987. Fujimoto lalu meninggal pada 1996.

Doraemon menjadi salah satu waralaba media anak-anak paling sukses di dunia dan menginspirasi ke adaptasi lainnya. Tiga serial animasi dan layar lebar juga sukses dibuat.

Motoo Abiko juga menulis sejumlah seri manga yang sukses. Di antaranya Ninja Hattori-kun, Kaibutsu-kun, Pro Golfer Saru, dan Warau Salesman.

Ninja Hattori diadaptasi menjadi serial televisi yang tayang dari 1981 sampai 1987, tiga animasi dari 1982 hingga 1984, dan film live-action pada 2004.



Simak Video "Mangaka 'Ninja Hattori' Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT