Komikus Ninja Hattori dan Doraemon Ditemukan Meninggal Dunia di Rumah

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 07 Apr 2022 14:22 WIB
Komikus Ninja Hattori dan Doraemon Meninggal Dunia
Foto: Istimewa
Jakarta -

Industri komik Jepang sedang berduka dengan kepergian salah satu kreatornya, Fujiko A Fujio. Komikus yang dikenal sebagai pencipta manga Ninja Hattori-kun atau dikenal sebagai Ninja Hattori meninggal di usia 88 tahun.

Kepolisian Tokyo membenarkan kabar kepergian sang mangaka. Dia meninggal di kediaman pribadinya.

"Komikus dan kartunis terkenal Fujiko A Fujio meninggal di rumahnya dekat kota Tokyo pada Kamis (7/4/2022) waktu Jepang," tulis keterangan polisi.

Polisi awalnya menerima panggilan telepon darurat di kediaman Fujiko A Fujio karena ia ditemukan tak sadarkan diri. Saat polisi tiba, ia dinyatakan meninggal di tempat.

Dari hasil penyelidikan, tidak ditemukan luka apapun. Saat ini proses investigasi pun masih berlangsung.

Dilansir dari Kyodo News, Fujiko A Fujio lahir di Toyama pada 10 Maret 1934. Dia dikenal sebagai seorang kartunis yang dikenal lewat karya-karya seperti Ninja Hattori-kun hingga Kaibutsu-kun atau The Monster Kid yang sukses diadaptasi ke serial anime.

Manga The Laughing Salesman yang juga diadaptasi ke animasi dan tayang di raksasa streaming Netflix.

Fujiko A Fujio yang bernama asli Motoo Abiko bekerja dengan teman masa kecilnya Fujiko F Fujio yang terkenal sebagai pencipta Doraemon. Duo seniman ini menggunakan nama Fujiko Fujio dalam kemitraan untuk berkarya yang terbentuk pada 1951, namun kini mereka telah bubar pada 1986.

Dari perpisahan tersebut, mereka merilis karya masing-masing. Fujiko F Fujio menggunakan nama Fujimoto Hiroshi dan Fujiko A Fujio memakai nama aslinya, Abiko Motoo.

Mereka berpisah saat tahu pencipta Doraemon itu tengah mengidap sakit kanker hati dan jantung. Fujimoto meninggal pada 23 September 1996.

Sepanjang karier mereka, kedua mangaka tersebut telah memenangkan berbagai penghargaan atas nama individual maupun bersama. Keduanya paling dikenal setelah menciptakan Doraemon, seri manga dan animasi yang telah diakui secara resmi sebagai ikon budaya Jepang modern.



Simak Video "Mangaka 'Ninja Hattori' Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)