ADVERTISEMENT

Rindu Gaza, Novel Terakhir yang Ditulis Hilman Hariwijaya

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 09 Mar 2022 12:12 WIB
Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia
Penulis Lupus meninggal dunia tadi pagi. Foto: Istimewa
Jakarta -

Penulis serial Lupus, Hilman Hariwijaya, meninggal di usia 57 tahun. Dia tutup usia setelah kondisi kesehatannya menurun sejak sebulan terakhir karena mengidap sakit liver.

Sebelum meninggal, ada satu naskah novel yang sudah jadi namun belum diterbitkan. Novel itu berjudul Rindu Gaza.

Warisan terakhir Hilman Hariwijaya terkuak saat detikcom menghubungi Boim Lebon yang merupakan sahabat dekat serta rekan sesama penulis serial Lebon. Bersama Boim Lebon, mereka sukses menulis cerita Lupus Kecil dan Lupus ABG sebagai wujud Lupus saat masa SD dan SMP.

"Beberapa hari yang lalu, dia baru menghubungi saya dan menceritakan soal naskah novel yang sudah jadi. Judulnya Rindu Gaza," ujar Boim Lebon kepada detikcom.

Boim Lebon menceritakan Gaza merupakan karakter anak laki-laki kuliahan dan tertarik dengan perempuan hijabers. Gaza yang merupakan anak broken home, demi menarik perhatian perempuan yang disukainya rela masuk ke pesantren.

Ketika masuk ke pondok pesantren, Gaza bertemu dengan seorang ustaz dan kelakuannya yang playboy pun coba diubah.

Dalam perjalanan itu, perempuan hijabers itu ternyata adalah putri dari sang ustaz.

Menurut Boim Lebon, naskah novel baru dikirimkan kepadanya sekitar dua hari yang lalu.

"Dia bilang, novel ini sudah selesai dan akan diserahkan kepada penerbit. Mas Hilman minta supaya saya menambahkan bumbu-bumbu komedi. Memang sejak kami menggarap Lupus, kalau urusan komedi selalu diserahkan kepada saya, dan minta bantuan saya," terang Boim Lebon.

Saat berada di telepon, suara Hilman Hariwijaya sudah terdengar jelas dan terlihat membaik. Boim Lebon pun tak menyangka sahabatnya itu meninggal dan mendahuluinya.

"Saat nelpon saya, dia bilang 'tolong bantuin ya, kasih bumbu-bumbu komedi'. Yang kirim file itu adiknya dan sudah terbaring di rumah sakit," sambungnya.

Kabar meninggalnya Hilman Hariwijaya tersampaikan lewat pesan singkat kepada detikcom tadi pagi. Hilman Hariwijaya yang juga penulis naskah sinetron itu meninggal Rabu (9/3/2022) pukul 08.02 WIB.

"Innalillaahi wa innailaihi roji'uun. Turut berduka cita atas wafatnya sahabat baik kita Hilman Hariwijaya penulis novel remaja Lupus dan naskah sinetron TV Ikatan Cinta hari ini pukul 08.02 WIB. Semoga almarhum husnul khotimah dan segala amal ibadahnya diterima Allah SWT. Aamiin YRA," begitu bunyi pesan duka yang diterima detikcom.

Kabar tentang menurunnya kesehatan Hilman Hariwijaya terlihat sejak akhir tahun lalu. Di Instagram, Hilman Hariwijaya terlihat tengah terbaring sakit.

Simak Video 'Sahabat Sebut Hilman Hariwijaya Sempat Alami Stroke Ringan':

[Gambas:Video 20detik]



(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT