Cerita Awal Mula Penulis Novel Layangan Putus Tulisannya Viral

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 22 Jan 2022 17:53 WIB
Mommy ASF
Foto: Instagram @ecaprasetya
Jakarta -

Webseries Layangan Putus jadi tontonan viral dan paling banyak dibicarakan selama beberapa pekan terakhir. Kisah tentang Aris yang menduakan Kinan dan bersama perempuan lain itu membuat greget para penontonnya.

Di balik kepopuleran Layangan Putus, ada kisah hidup perempuan bernama Mommy ASF yang menjadi inspirasi. Sekelumit cerita itu sebelumnya juga sukses dituangkan dalam tulisan di novel dengan judul yang sama.

Bagaimana asal muasal cerita Mommy ASF yang bernama asli Eca Prasetya sampai tulisannya viral?

Dalam obrolan di chanel YouTube The Sungkars, Mommy ASF menceritakan awal hobi tulis coret-coret bermula saat dirinya menulis untuk majalah kampus.

"Dari kuliah saat aktif di redaksi kampus, di fakultas saya jadi wartawan kampus, Suara Satwa majalah kampus di fakultas Udayana. Saya salah satu yang pernah menulis lah," buka Mommy ASF dalam obrolan tersebut, seperti dilihat detikcom.

Tapi kesibukannya ketika berumah tangga dan punya anak membuatnya berhenti menulis lagi. Mommy ASF mengaku sejak 2011 sampai 2017, ia sama sekali tidak bekerja.

"Jadi berumah tangga, kuliah, lulus, bekerja, lalu setop bekerja. 2011 sampai 2017 cuma coret-coret di blog dan caption media sosial lah. Ada beberapa bump dalam kehidupan saya, ya sudah mulai nangis sujud, ngapain lah. Lalu nulis," ungkap Mommy ASF.

Suatu hari Mommy ASF sepulang menjemput putranya, mampir ke rumah salah satu wali murid lainnya. Dalam deretan rak, terdapat buku antologi yang ditulis oleh kerabatnya tersebut. Dia pun terpikir untuk menulis lagi.

"Saya terpikir wah seru juga yah, tapi nulis apa. Ya sudah deh coret-coret aja, teman saya bantu saja. Dirapikan, tulisan jadi saya tanya 'Bagus gak?', 'Bagus lah'. Diupload satu forum di Facebook," kenangnya saat itu.

Selama empat hari berturut-turut, Mommy ASF mengunggah tulisan di Forum komunitas Bisa Menulis. Sampai di tulisan keempat, dia kaget dan tak menyangka, ada respons yang luar biasa dari netizen terhadap unggahannya.

"Hari pertama, kedua, ketiga, keempat lalu mulai bump. Kok tangapannya kayak gitu," jelasnya.

"Akhirnya sudah take down, sampe viral lalu menyebar sendiri lah, ke mana-mana," tambah Mommy ASF.

Setelah unggahan tulisan yang viral tersebut di forum komunitas, perempuan yang berprofesi sebagai dokter hewan itu akhirnya berniat menulis panjang dalam bentuk novel.

Novel berjudul sama, yakni Layangan Putus, pun terbit dan mulai dibaca banyak orang. Dari situ, ceritanya pun menginspirasi hadirnya webseries Layangan Putus yang kini selalu trending setiap episodenya.

Tapi Mommy ASF mengklarifikasi, cerita utuh dalam versi webseries bukanlah kisahnya semata. Dia mengaku webseries itu hanya terinspirasi dari judul 'Layangan Putus' yang berasal dari cerita hidupnya.

"Di Instagram juga sudah klarifikasi (kalau webseries) bukan cerita saya, kalaupun terinspirasi mengangkat judul saya, saya melepaskan hal itu. Dari awal MD meminta izin kalau ceritanya berbeda. Ya sudah, saya cuma bantu mengklarifikasi itu bukan cerita saya," tegasnya.



Simak Video "Anya Geraldine Ogah Perankan Karakter Pelakor Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)