ADVERTISEMENT

Kim Sae Byoul Terbitkan Buku di Indonesia, tentang Kisah di Balik Kematian

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 31 Des 2021 14:33 WIB
Kim Sae Byul
Kim Sae Byoul resmi menerbitkan buku Things Left Behind di Indonesia. Foto: dok. Twitter ljehoons
Jakarta -

Ingat dengan drama Korea Move to Heaven? Kisah tentang jasa pembersih yang membersihkan benda-benda peninggalan orang yang sudah meninggal dunia kini terbit dalam medium buku di Indonesia.

Buku berjudul Things Left Behind: Hal-hal yang Kita Pelajari dari Mereka yang Tiada itu resmi diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU) pada 29 Desember 2021. Ditulis oleh Kim Sae Byoul dan Jeon Ae Won, buku bergenre self improvement ini memuat beragam kisah nyata di balik kematian.

Kepada detikcom, Kim Sae Byoul menceritakan momen penggarapan buku yang berdasarkan dari pengalaman dan pengamatan pribadinya tersebut.

Menurut penuturannya, berprofesi sebagai pembersih jasa trauma bermula ketika dia melihat pengurus makam yang membantunya di pemakaman temannya ketika kecil. "Saya memutuskan untuk menjadi guru pemakaman dan bekerja dengan profesi tersebut selama hampir 10 tahun lamanya," ungkapnya via surel.

Saat itu, Kim Sae Byoul menulis apa yang dirasakan ketika menulis mendiang dalam bentuk buku harian.

"Saya menulisnya dalam buku harian di blog, seseorang melihatnya lalu menghubungi saya," katanya.

Momen saat orang tuanya meninggal dunia juga membekas dalam diri Kim Sae Byoul.

"Orang tua meninggal dan saya sangat sedih hingga saya tidak bisa membersihkan barang-barang peninggalan orang tua saya. Saya pun bertanya apakah bisa membantunya. Saya akhirnya berpikir untuk menjadi trauma cleaner," katanya.

Ketika buku pertamanya itu terbit di Korea Selatan, Things Left Behind disambut positif. Masyarakat negeri Ginseng itu menyukai sentuhan humanis dalam berbagai kisah dibalik kematian. Kini cerita-ceritanya diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan bisa dibaca di Tanah Air.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kata BRI soal Nasabah Robek Buku Tabungan Gegara Saldo Berkurang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT