Komik Superman dari Harga 10 sen, Kini Laku Rp 46 Miliar

Asep Syaifullah - detikHot
Rabu, 29 Des 2021 14:25 WIB
Komik perdana Superman
Sampul Action Comics. Dok. Instagram
Jakarta -

Superman menjadi salah satu karakter superhero yang paling terkenal di dunia. Beragam produk sudah diciptakan dengan menggunakan identitas dari karakter tersebut. Bahkan produk-produk jadul yang memiliki nilai historis dari tokoh itu pun melesat harganya.

Salah satunya adalah komik yang menggambarkan penampilan perdana Superman yakni Action Comics yang terbit pada 1938 lalu. Kala itu komik tersebut dijual seharga Rp 29 ribu saja dan dicetak sebanyak 200 ribu kopi pada edisi perdananya.

Pada komik dengan cover bergambar Superman yang tengah mengangkat sebuah mobil itu diceritakan pengenalan tentang tokoh Clark Kent dan juga kekuatannya.

Baru-baru ini dilaporkan jika seorang pria sempat membeli komik tersebut dari saudaranya seharga 10 sen saja. Ia pun tak menyangka jika kini komik tersebut tengah masuk dalam proses lelang dan bisa laku hingga mencapai Rp 46 miliar.

Ed Jaster, Senior Vice President dari Heritage, mengatakan jika komik tersebut memiliki orisinalitas dan nilai historis yang tinggi karena menjadi harta warisan turun temurun dan tak pernah lepas dari keluarga tersebut sejak awal dibeli.

FILE - In this file image provided by Metropolis Collectibles/ComicConnect, Corp., shows the front and back cover of FILE - In this file image provided by Metropolis Collectibles/ComicConnect, Corp., shows the front and back cover of "Action Comics No. 1" from 1938, featuring the debut of Superman. Foto: VOA/Istimewa

Selain itu tentu saja cerita yang diangkat dari sang komikus yang kini menjadi sebuah waralaba yang begitu besar di industri hiburan.

"Pada komik ini Jerry Siegel dan Joe Shuster memperkenalkan pada pembaca tentang sosok Clark Kent dan Lois Lane hingga memasuki era pahlawan super," tuturnya.

Pada komik tersebut, Clark Kent digambarkan baru tersadar jika ia memiliki kekuatan super di mana ia melompati 20 gedung dan berlari lebih cepat dari kereta. Namun usai menyadari kekuatannya itu ia pun memilih untuk menggunakannya bagi kebaikan umat manusia dan menolong Lois Lane dari para gangster.

Sebelumnya sempat ramai isu mengenai DC Comics yang bersiap untuk menggantikan Kal-El dan Superman asli dengan anaknya itu telah tersebar di jagat maya. Di perkembangan cerita terakhir ada petunjuk dia akan menghilang dari bumi.

Superman telah meninggalkan bumi dan menuju ke Warworld untuk menyelematkan sekelompok pengungsi yang diperbudak oleh Mongul yang jahat.

Rumor itu dibantah oleh penulis komik Superman, Phillip Kennedy Johnson. Lewat akun Twitter pribadi, ia mengatakan rumor itu tidak berdasar faktanya.

"Saya tidak dapat merusak cerita yang akan datang tentang perjalanan Man of Steel ke Warworld," cuitnya di akun Twitter.

"Saya juga mendengar dari banyak penggemar Superman yang khawatir akan spekulasi belakangan ini bahwa Warworld adalah bagian yang abu-abu atau pintu belakang dari rencana untuk menggantikan Clark Kent sebagai Superman. Kepada para penggemar: Saya tidak tahu ada banyak kekhawatiran tanpa harus memberitahu hal ini," pungkasnya.



Simak Video "Wow! Komik Bergambar Superman Pertama Laku Rp 45 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/pus)