Ngobrol Caranya Jadi Manajer Artis di Buku Terbaru Sulung Landung

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 10 Des 2021 12:20 WIB
Sulung Landung Luncurkan Buku ke-3 soal Manajer Artis
Sulung Landung menerbitkan buku ketiga dari seri trilogi Artist Management 101. Foto: Gramedia Pustaka Utama/ Istimewa
Jakarta -

Sulung Landung akhirnya menerbitkan ebook ketiga dari seri Artist Management yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU). Lewat buku tersebut, manajer artis kenamaan Indonesia itu mengajak pembaca untuk seluk beluk menyelami dunia manajerial artis.

Ebook berjudul Artist Management 101 part 3: Seni untuk Menjadi yang Terbaik di Industri Hiburan itu melengkapi dua buku selebumnya.

Dalam peluncuran virtual, Sulung Landung mengatakan perbedaan dari ketiga buku tersebut dan proses kreatif di baliknya. Di buku pertamanya, dia banyak bercerita tentang bagaimana proses menumbuhkan talent atau bakat.

"Artist manager dan talent sama-sama grooming, sampai akhirnya mereka bisa menjadi bintang. Ini prosesnya panjang, oleh karena itu saya pakai subjudul Jalan Panjang Lahirkan Bintang," tutur Sulung Landung.

Di buku keduanya, dia banyak membeberkan berbagai hal dan cerita-cerita seru di balik layar yang tak diketahui publik.

Cerita seru itu dilakukannya agar memperlihatkan kepada masyarakat umum bahwa industri hiburan ini tak hanya soal artistik dan glamor saja. Untuk buku ketiganya, Sulung Landung punya hal yang berbeda.

Sulung Landung Luncurkan Buku ke-3 soal Manajer ArtisSulung Landung Luncurkan Buku ke-3 soal Manajer Artis Foto: Gramedia Pustaka Utama/ Istimewa

"Saya menuliskan bagaimana para talent tetap bisa sustain, tetap bisa mempertahankan karier dan posisi mereka," sambungnya.

Dia pun menceritakan bagaimana solusinya untuk keluar dari krisis dan mengakhiri sebuah relasi.

"Supaya teman-teman tahu bahwa jadi artist manager bukan hanya cerita indah saja, tapi ada cerita yang nggak enak juga. Pekerjaan artist manager itu manusiawi, kita mengalami juga momen yang tak enak," tambah Sulung Landung.

Di dalam ebook ketiga, Sigi Wimala turut terlibat dengan menggambar wajah para talent sebagai ilustrasi buku Artist Management 101 Part 3.

"Kita harus akui Mas Sulung punya pengalaman yang sudah senior banget dan dengan pengalaman pegang teman-teman di Avatara88 pasti ilmunya luar biasa," tuturnya saat peluncuran virtual.

Sebelum ebook ketiga, Sulung Landung sukses menerbitkan Artist Management 101: Jalan Panjang Lahirkan Bintang (2012) dan buku kedua Artist Management 101 part 2: Kisah di Balik Panggung Hiburan (2016).

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Hujan Tak Surutkan Antusiasme Pengunjung Java Jazz Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)