ADVERTISEMENT

5 Fakta Seputar Nobel Sastra

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 05 Okt 2021 08:23 WIB
Nobel Sastra 2017
Nobel Sastra 2021 bakal diumumkan pada Kamis, 7 Oktober 2021 pukul 18.00 WIB atau 13.00 waktu Stockholm. Foto: Reuters

Sastrawan kedua yang menolak adalah Jean Paul Sartre karena alasan prinsipnya yang menolak segala pengakuan maupun penghargaan internasional. Nobel Sastra yang mengumumkan namanya terjadi di tahun 1964.

Peraih Nobel Sastra Jean Paul SatrePeraih Nobel Sastra Jean Paul Satre Foto: Photo: Copyright © Lufti

4. Dua Kali Diberikan Anumerta

Sejarah Nobel Sastra juga mencatat ada hadiah yang diberikan secara anumerta atau kepada sosok berjasa yang telah meninggal dunia.

Mereka adalah Erik Axel Karlfeldt di tahun 1931 dan Dag Hammarskjold pada 1961. Namun di tahun 1974, Yayasan Nobel menetapkan hadiah Nobel Sastra tidak diberikan secara anumerta kecuali pemenangnya meninggal setelah dipilih.

Peraih Nobel Sastra  Erik Axel KarlfeldtPeraih Nobel Sastra Erik Axel Karlfeldt Foto: Photo from the Nobel Foundation archive.

5. Isu Genosida hingga Pelecehan Seksual

Skandal pelecehan seksual mencuat saat gerakan #MeToo beredar. Di tubuh komite Akademi Swedia, korban pelecehan dari suami anggota Akademi Swedia, Jean-Claude Arnault dituduh melecehkan sebanyak 18 perempuan di Swedia dan Prancis.

Pengadilan membuktikan Jean-Claude Arnault terbukti melakukannya dan istrinya yang menjadi anggota komite dikeluarkan dari Akademi Swedia.

Pria di Tengah Skandal Nobel Sastra Dihukum 2 Tahun PenjaraPria di Tengah Skandal Nobel Sastra Dihukum 2 Tahun Penjara Foto: AP

Isu genosida juga bergulir dalam sejarah Nobel Sastra 2019. Peter Handke asal Austria dikecam keras karena secara terang-terangan mendukung kepada Milosevic atas kejahatan perang yang dilakukannya.

Duta Besar Albania, Bosnia, Kroasia, Kosovo, dan Turki pun memboikot pemilihan Peter Handke. Unjuk rasa dan petisi pencabutan anugerah kepada Peter Handke juga berlanjut tapi Akademi Swedia tetap bersikukuh namanya pantas mendapat penghargaan tersebut.

Perain Nobel Sastra 2019, Peter HandkePerain Nobel Sastra 2019, Peter Handke Foto: Nobel Media. Photo: Alexander Mahmoud


Simak Video "Novelis Abdulrazak Gurnah Raih Nobel Sastra 2021"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT