5 Manga Terpopuler di 2021

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 08:25 WIB
Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
Manga Demon Slayer Kimetsu no Yaiba di posisi teratas Foto: Istimewa
Jakarta -

Tahun 2021 sudah berjalan setengah waktu. Situs Oricon sudah mengumumkan manga terpopuler di negara Jepang menurut hasil survei dari perusahaannya.

Secara berkala, Oricon kerap melakukan survei terhadap novel, manga, dan buku terlaris sepanjang tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (2/9/2021), dari hasil survei tanggal 23 November 2020 sampai 23 Mei 2021, berikut daftar 5 manga terpopuler:

1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Setelah nama komikus Koyoharu Gotouge masuk ke dalam deretan 100 orang berpengaruh versi Majalah TIME, kesukesan Demon Slayer makin merajalela.

Menurut situs Oricon, manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba yang terbit perdana di majalah Shonen Jump pada 15 Februari 2016 itu laku terjual sebanyak 26,3 juta eksemplar di Jepang.

Manga Demon Slayer: Kimetsu no YaibaManga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Foto: Istimewa

Pemimpin redaksi Shonen Jump, Kohei Ohnishi, menyebutkan karakter dan dialog dalam Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba terbilang kuat.

"Karakter mereka semuanya unik namun masih berakar pada kenyataan. Itu adalah sangat sulit untuk dicapai. Selain itu, ada sejumlah baris kenangan yang dipenuhi dengan orisinalitas di Demon Slayer," katanya.

2. Jujutsu Kaisen

Manga Jujutsu KaisenManga Jujutsu Kaisen Foto: Istimewa

Manga Jujutsu Kaisen yang disebut sebagai rising star di industri komik Jepang menempati posisi kedua. Di Jepang, manganya terjual sekitar 25 juta eksemplar.

Sejak versi anime-nya ditayangkan di stasiun televisi Jepang pada Oktober 2020, nama Jujutsu Kaisen mulai menjamur sampai ke Indonesia.

Bahkan anime Jujutsu Kaisen dianggap menyaingi Attack on Titan yang tak kalah trending di Tanah Air.

3. Tokyo Revengers

Manga Tokyo Revengers berada di posisi ketiga dengan angka penjualan sekitar 5 juta eksemplar di Jepang. Manga yang ditulis dan digambar oleh Ken Wakui itu terbit perdana sejak Maret 2017.

Tokyo Revengers menceritakan tentang Takemichi seorang laki-laki pengangguran berusia 26 tahun yang baru mengetahui perempuan yang menjadi pacarnya ketika SMA meninggal akibat ulah geng berandalan.

Suatu hari, setelah hampir mati tertabrak kereta, dia menyadari kalau dirinya kembali ke masa lalu ketika duduk di bangku SMP dan mulai mencoba untuk mengubah masa depan pacarnya tersebut.

4. Shingeki No Kyojin/ Attack on Titan

Manga Attack on Titan yang ditulis dan digambar oleh Hajime Isayama berada di posisi keempat. Manga yang berakhir April 2021 lalu itu laku terjual 6,3 juta eksemplar.

Manga Attack on TitanManga Attack on Titan Foto: Istimewa

5. Chainsaw Man

Manga Chainsaw Man berada di posisi kelima dengan angka penjualan sekitar 4,1 juta eksemplar. Ditulis oleh mangaka Tatsuki Fujimoto, Chainsaw Man pernah dinominasikan untuk penghargaan Manga Taisho pada 2019.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)