Sastrawan Budi Darma Meninggal Dunia

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 21 Agu 2021 10:13 WIB
Budi Darma Meninggal Dunia
Sastrawan Budi Darma meninggal dunia Foto: @sastragpu/ Budi Darma
Jakarta -

Kabar duka menyelimuti ranah sastra Indonesia. Sastrawan Budi Drama yang terkenal menulis Olenka dan Orang-orang Bloomington meninggal dunia hari ini.

Ucapan duka bertebaran di media sosial atas kepergian Budi Darma.

"Selamat jalan, pak Budi Darma. Semoga terang langkahmu menuju pangkuan Tuhan. Penulis cemerlang, karyamu abadi," cuit @literarybase, seperti dilihat detikcom, Sabtu (21/8/2021).

"Selamat jalan Pak Budi Darma. Sampai jumpa lagi, Maestro. Terima kasih atas karya-karyamu bagi Indonesia. Rest in love, Pak Tangan melipat, Budi Darma. 25 April 1937 - 21 Agustus 2021," tulis @sastragpu.

"Selamat jalan pak Budi Darma, Damai selalu, karyamu abadi," cuit @bukuakik.

"Prof. Budi Darma, cerpenis hebat itu, berpulang pagi ini. RIP," tulis Kurniawan Junaedhie.

Penerbit Gramedia Pustaka Utama menyebutkan karya-karya Budi Darma merupakan warisan bagi kesusastraan Indonesia.

"Pak Budi Darma adalah warisan tak ternilai bagi kesusastraan Indonesia, beliau merupakan sosok yang tak tergantikan. Selamat jalan maestro. Selamat jalan Pak Budi Darma, damai selalu di peristirahatan terakhir, melihat Indonesia dan Bloomington dari atas sana," tulis @bukugpu.

Pria kelahiran 25 April 1937 itu berpulang di umur 84 tahun. Dia merupakan guru besar FPBS Universitas Negeri Surabaya.

Budi Darma mulai menulis sejak tahun 1968 dan tulisan-tulisannya masih dikenal sampai sekarang. Selain antologi cerpen Kritikus Adinan, sebanyak 8 buku telah terbit.

Tiga di antaranya adalah novel yakni Olenka (1983), Raflus (1998), dan Ny Talis (1996), serta satu buah kumpulan cerpen berjudul Orang-Orang Bloomington (1981).

Novel Budi Darma yang pertama adalah Olenka, novel yang telah banyak mendapat perhatian dan telah mengantarkannya ke berbagai upacara pemberian hadiah. Rafilus adalah novel keduanya. Novel ini mulai ditulisnya ketika dia mendapat undangan untuk mengunjungi Inggris pada tahun 1985.

Lewat buku kumcer Orang-orang Bloomington, Budi Darma berhasil menyabet penghargaan S.E.A. Write Award dari Pemerintah Thailand pada 1984.

Orang-orang Bloomington menceritakan tentang satu aspek kehidupan dari sekian banyak aspek lain di kota Bloomington, negara bagian Indiana, Amerika Serikat. Budi Darma menulisnya saat menjadi mahasiswa di Universitas Indiana pada dekade 1970-an.



Simak Video " Kangen Sama Anak, Mantan Suami Nindy Ayunda Sering Kirim Surat"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)