Manga Ciptaan Junji Ito Menangkan Penghargaan Bergengsi Eisner

Tia Agnes - detikHot
Senin, 26 Jul 2021 10:21 WIB
Manga Remina Ciptaan Junji Ito
Manga Remina Karya Junji Ito menangkan penghargaan Eisner Foto: Junji Ito/ Istimewa
Jakarta -

Mangaka horor asal Jepang, Junji Ito berhasil memenangkan penghargaan bergengsi Eisner yang eksis digelar sejak tahun 1988. Junji Ito dikenal lewat genre horor dan mistis.

Lewat manga berjudul Remina dan Venus in the Blind Spot, Junji Ito berhasil membawa pulang dua piala lewat kategori edisi internasional Asia terbaik dan penulis/ komikus terbaik.

Dilansir dari Anime News Network, Senin (26/7/2021), manga Remina melawan komik-komik lainnya. Di antaranya ada I Had That Same Dream Again karya Yoru Sumino dan Idum Kirihara, I Wish I Could Say "Thank You" karya Yukari Takinami, A Journal of My Father karya Jiro Taniguchi.

Ada juga komik Ping Pong Taiyo Matsumoto yang diterjemahkan Michael Arias, dan SPY x FAMILY karya Tatsuya End.

Ini adalah kemenangan kedua dan ketiga lewat kategori tersebut bagi Junji Ito. Dia dikenal sebagai master of horor.

Kemenangan Junji Ito diumumkan lewat acara yang digelar virtual dari acara San Diego Comic-con@Home. Ada 32 kategori yang dikompetisikan dalam perilisan karya komik di wilayah Amerika Serikat.

Manga Remina dirilis sejak 2004 sampai 2005, versi internasionalnya diterbitkan pada 2015.

Manga ini menceritakan tentang penemuan sebuah planet baru yang ditemukan oleh seorang ilmuwan. Ia memberikan nama planet itu Remina, sesuai dengan nama anak perempuannya.

Rahasia mengenai planet baru itu belum terkuak. Tapi sang ilmuwan baru menyadari ternyata Remina mampu menelan berbagai benda antariksa dan planet lainnya dalam perjalanan menuju bumi.

Kekacauan pun menelan umat manusia, termasuk teori mengenai memburu anak ilmuwan. Dengan mengorbankannya, banyak yang mengatakan bumi bakal selamat.

Untuk komik lainnya Venus in the Blind Spot merupakan antologi cerita pendek karangan Junji Ito. Di dalamnya ada sejumlah cerita populer ciptaan Junji Ito.

Di antaranya ada The Human Chair, Enigma of Amigara Fault, dan The Licking Woman.

Sementara itu, salah satu karya Junji Ito lainnya yang berjudul Uzumaki versi adaptasi anime-nya tengah digarap dan segera diluncurkan akhir 2021.



Simak Video "Kreator Sakit, Manga 'Jujutsu Kaisen' Dihentikan Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)